Breaking News
recent

Ragam Pariwisata Menarik di Kota Langsa

 

Meseum Balee Juang. (Docs.Istimewa)

Zawiyah News | Opini - Seperti yang kita ketahui Kota Langsa saat ini sedang menjadi sorotan beberapa daerah di Aceh, karena kota langsa saat ini sudah memiliki sejumlah tempat wisata populer yang bisa dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun masyarakat dari daerah luar kota. Namun tidak dipungkiri sejak pandemic covid 19 melanda negeri, wisata yang ada dikota langsa nyaris tidak ada pengunjung dikarenakan adanya peraturan Kememkes tentang Protokol Kesehatan dan larangan adanya keramaian pada suatu tempat. Bisa dikatakan hadirnya berbagai pariwisata yang ada dikota langsa adalah bukti kemajuan pembangunan daerah di Kota Langsa. Namun seiring berjalannya waktu, tempat wisata kembali ramai perlahan. Masyarakat tentunya butuh hiburan berhubung pemerintah tidak mengizinkan masyarakat untuk bepergian keluar Kota.

Pariwisata merupakan sektor yang bisa menunjang kemajuan suatu daerah, terutama dengan adanya peraturan mengenai otonomi daerah. Pariwisata juga merupakan suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat, sehingga memberi dampak terhadap masyarakat setempat. Pariwisata saat ini sudah menjadi andalan dikota Langsa, sektor ini telah memberi kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan ekonomi masyarakat di kota Langsa. Ada 2 macam wisata saat ini dikota langsa sedang berkembang pesat yaitu wisata alam dan wisata kuliner.  Beberapa tempat wisata yang sangat popular saat ini misalnya hutan kota dan hutan mangrove, dan ada juga baru-baru ini lebih tepatnya di akhir tahun 2021 ini di bangun tempat wisata yang tidak kalah indahnya dari hutan kota yaitu Taman Kreung Langsa, lokasi wisata tersebut dibangun ditengah kota tepat dipinggir aliran sungai kota dekat dengan Mesjid Agung Kota Langsa. Dan hadirnya Monument bangunan mirip dengan Tugu Monas yang dibangun di tengah-tengah Hutan Manggrove Kuala Langsa.

Tentunya masyarakat sudah tidak sabar ingin berkunjung kesana, bagaimana tidak, media saat ini menyajikan informasi dengan begitu cepatnya. Masyarakat khususnya warga kota Langsa sangat senang dengan adanya berbagai pilihan wisata di Kota Langsa, karna seperti yang kita ketahui jauh sebelum ini hampir dikatakan tidak ada tempat wisata yg tertata di kota Langsa. Namun selama  masa kepemimpinan Bapak Usman Abdullah, SE sebagai walikota Langsa banyak sekali perkembangan kota dalam sektor pariwisata. Tentunya masyarakat sekitar sangat bersyukur dengan adanya pembangunan berbagai wisata ini dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat saat ini.

Seperti yang terlihat tidak hanya warga kota langsa saja yang menjadi pengunjung namun dari berbagai daerah diluar kota langsa diantaranya  masyarakat  Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Tamiang bahkan Sumatera Utara. Tidak hanya di Provinsi Aceh Pariwisata kota langsa juga sudah terkenal sampai tingkat nasional, dengan mengikuti ajang pemilihan pariwisata, Kota Langsa mendapat peringkat pertama dalam ajang tersebut. Bahkan Hutan Manggrove Kota Langsa termasuk tempat wisata terpopular di Indonesia. Sebagai masyarakat kota Langsa tentunya sangat bangga menjadi warga kota yang saat ini sedang popular di Aceh. Dalam memajukan pariwisata yang ada di Kota Langsa sangat penting peran masyarakat untuk ikut menjaga dan melestarikan wisata tersebut.

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini tidaklah sulit untuk kita mengetahui bermacam informasi terkait pariwisata yang ada dikota Langsa. Adanya media baik itu media sosial maupun media elektronik dengan  mudahnya kita dapat menngikuti perkembangan pariwisata yang ada dikota Langsa. Media sosial juga berperan aktif dalam mempromosikan ragam pariwisata yang ada dikota langsa, terlihat dari antusias masyarakat dalam mengabadikan moment2 penting bersama pasangan, keluarga ataupun teman-temannya di tempat wisata pilihannya dengan berselfi ria.

Tidak hanya wisata alam yang menjadi andalan masyarakat kota langsa, tetapi juga berbagai wisata kuliner yang dapat disuguhkan dikota Langsa tercinta menjadi sasaran masyarakat kota langsa dan masyarakat dari luar kota untuk sekedar menikmati secangkir kopi ataupun menikmati menu makanan bersama keluarga ataupun kerabat. munculnya caffe ataupun resto dengan bermacam menu dan desain yang menarik membuat masyarakat tak sabar ingin mengunjungi tempat baru yang sedang popular tersebut. Terlihat pengunjung kuliner dari berbagai kalangan seperti remaja, pekerja/pegawai, tua dan muda bahkan tampak kalangan ibu-ibu kerap mengisi tempat duduk dicafe pilihannya.

Tentunya harapan kita semua kota Langsa semakin maju dan bisa menjadi kota percontohan bagi daerah-daerah di aceh lainnya, dan tetap menjadi kota islami yang penuh dengan ragam wisata didalamnya.

Penulis adalah Ainul Mardiah, Mahasiswi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.