Breaking News
recent

Serba Guna Pohon Kelapa Sawi

Kebun Kepala Sawit (Docs.Istimewa)

Zawiyah News |  Opini - Kelapa sawit adalah tanaman komoditas perkebunan yang amat penting di indonesia. Umur kelapa sawit yang lama membuat kelapa sawit mejadi komoditas perkebunan yang paling di minati para pelaku industri hampir setiap bagian dari kelapa sawit memiliki nilai yang ekonomis umtuk di olah dan di kelola.

Pohon kelapa sawit adalah tumbuhan yg berduri di setiap buahnya dan juga pelepahnya dalam bahasa latin di sebutkan (Elaies gueensis jacq) pohon ini sangat bermanfaat yang mana buah dapat dijual untuk dibuat minyak goreng dan berbgai macam lainnya namun disaat ini kita sedang dilanda yang namanya Covid 19.

Lidi kelapa sawit merupakan salah satu bahan pokok yang bisa di manfaatkan dalam kreativitas berbagai macam produk kerajinan yang banyak memiliki nilai fungsi jika dikelola dengan baik. Terutama ibu – ibu yang dapat membantu ekonomi keluarga dalam kehiduoan sehari – hari .

 Dari tahun 2019 – 2021 sampai sekarang ini Virus Corona seakan mencengkram di setiap oramg dengan rasa gundah dihati, khawatir dan juga ketakuan. Namun pemerintah langsung mengambil tindakan dengan melakuakan kebijakan agar masyarakat melakukan semua aktivitas dari rumah oleh karena itu dapat menimbulkan rasa bosan dalam diri disetiap orang.

Yang mana akan dampaknya bahaya seperti yang di beritakan di Stasiun Televisi tanda – tanda dari penyakit Virus Corona seperti Demam, Sakit Tenggorokan, Sakit Kepala, Kesulitan Bernapas, Kesulitan berbicara atau bergerak dan nyeri pada dada penyakit ini dapat menularkan pada semua orang, sehingga membuat banyak orang pada takut keluar rumah.

Di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat semua penjuru dunia tidak bisa berbuat apa – apa yang akan takutnya bahaya yang terjadi pada setiap diri manusia mengharuskan setiap kelar rumah harus memakai masker dan juga membawa sabun cuci tangan agar terhindar dari bahayanya Virus Corona.

Dengan seiringnya waktu lama kelamaan ibu – ibu mendapatkan inovasi membuat sapu lidi dari kelapa sawit yang mana dapat dijual sehingga dapat membantu perekonomian dari mulai yang berkeluarga sampai yang yang belum berkeluarga bisa meraup keuntungan dari Sapu Lidi untuk menambah keuangan kehidupan keluarga dari kalangan bawah, kalangan menengah hingga kalangan atas.

Kegiatan pemisahan lidi dari dari daun kelapa sawit yang di lakukan dengan beberapa langkah,mulai dari pelepasan bagian daun dari tangkai daun, kemudian pelepasan lidi dari helaian daunnya. Kegiatan ini masih dilakukan dengan manual yang dapat memakan waktu yang lumayan lama dalam proses pemisahannya.

 Dengan dengan adanya kegiatan sehingga membuat para ibu – ibu tidak menjadi bosan dengan aktivitasnya mencari Lidi dari daun pelepah sawit sehingga anaknya iktu dibawa utuk mencari lidii tersebut dengan membaawa sembilah pisau ataupun parang yang untuk di jadikan alat meraut lidi tersebut agar bisa di jadikan sapu sebelum dijual

Lidi dari pohon kelapa sawit ini ini juga lebih kuat dan tidak mudah patah ukuran lidi kelapa sawit bervariasi ada yang besar, dan ada juga yang kecil menurut sehat pohon kelapa sawit nya  panjan dari lidi kelapa sawit yaitu 30 cm – 50 cm lidi merupakan titik tumbuh yang di selubungi daun, dan daun tidak memanjang melainkan melebar..  

Pada saat ini Sapu Lidi dari pohon kelapa sawit mudah kita temukan di sekitar perkebunan, khususnya didaerah tempat saya tinggal di Desa Tanjung Lipat 1 Kecamatan Bendahara adapun yang uniknya harganya yang bervariasi  dari yg masih hijau hingga yag sudah kering yang hijau di bandrol dengan harga perkilo 1.500 sedangkan yan sudah kering perkilo 3.000.

Pada dasarrnya dengan adanya kegiatan para ibu-ibu di desa saya kususnya Desa Tanjung Lipat 1 ibu-ibu yang berdampingan dengan desa saya juga mencari daun kelapa sawit yang akan di ambil lidinya untuk di jual dan jualnyapun tidak payah,karna reseller nya langsung mengambil ke desa dalam sehari ibu – ibu bisa mengumpulkan puluhan kilo untuk mendapatkan Sapu Lidi dari pelepah sawit.

Setelah di ambil lidinya kemudian pelepahnya bisa di jadikan pagar untuk tanaman tumbuh – tumbuhan agar tidak dimakan hewan tanaman yang di tanam contohnya seperti Cabai, Kunyit dan berbagai lainnya oleh karena itu pelepahnya bisa di jadikan makan Sapi  / Lembu yaitu dengan cara di haluskan pelepah sawit dengan mesin penggilingan agar menjadi halus agar bisa dimakan Sapi / Lembu.

Cara memberi makannya pada Sapi / Lembu yaitu dengan ditambahnya Kosentrat agar menambah agar rasa pada pelepah sawit yang sudah di haluskan menggunakan mesin gilingan bisa ditambahkan dedak padi agar Sapi / Lembu cepat nambah gemuk / sehat untuk membuat mesin bisa dibeli dan juga bisa dirakit ditempat Las.

Kelapa sawit dapat banyak memberi manfaat bagi manusia degan dapat mengelola mulai dari buahnya menjadi minyak,selain itu buahnya batangnya juga dapat dijadikan papan  partikel. Oleh karena itu memanfaatkan lidi kelapa sawit ini merupakan suatu produk kerajinan yang dapat memilki fungsi dan estetis. 

Negara Indonesia dikenal dengan sebagai satu dari dua negara penghasil sawit terbesar di duniadan menjadi satu sumber devisa dari ekspor non migas terbesarcdalam pos APBN, manfaat praktis minyak ini diantaranya langsung dengan kebutuhan hidup manusia sawit juga bisa digunakan sebegai kebutuhan kendaraan bermotor.

Sebagai campuran bahan bakar biodisel, Diesel merupakan jenis mesin yang memiliki keunggulan terutama untuk kendaraan niaga dan pertambangan mumbutuhkan tenaga dalam jumlah torsi yang cukup besar untuk membawa hasil kebun, tambang dan juga pendistribusian komoditas antar wilayah.

Selain dari Biodisel, minyak sawit juga bisa menjadi bahan baku untuk minyak pelumas. Kebanyakan dipakai untuk melumasi bagian permukaan luar mesin bahkan mesin 2 ( dua )tak menggunakan minyak kelapa sawit sebagai campuran pada oli samping sepeda motor dan minyak kelpa sawit juga di gunakan menjadi bahan baku pembuatan pada Cat dan Pasta Gigi.

Hasil perkebunan kelapa sawit ini juga telah digunakan sebagai bahan kosmetik,khususnya pembuatan pada minyak rambut Pomade selain itu juga digunakan sebagai bahan nabati dan digunakan juga dalam pembuatan Lotion dan Cream kulit, pohon kelapa sawit banyak sekali memberikan manfaat bagi manusia.

Pohon kelapa sawit juga hidupnya juga mudah di tempat rawa maupun di tempat kering pohon ini bisa hidup tumbuh dari pohon kelapa sawit ini bisa dapat membantu perekonomian bagi kualarga bawah,keluarga menengah dan keluarga keatas.

Dalam aspek ekologis menurut beberapa penelitian bahwa perkebunan kelapa sawit dapat merestorasi degradedland, konservasi tanah dan air, peningkatan biomas dan karbon stok lahan,mencakup pelestarian oksigen dan karbon dioksida yakni menyerap karbon dioksida dari atmosfer bumi.

Yang di keluarkan sebagai polusi oleh masyarakat dunia dan kegiatannya melalaui proses fotosintesis dan menghasilkan oksigen oksigen ke atmosfer bumi, maka semakin luas perkebunan pohon kelapa sawit juga dapat menyerap karbon di oksidda Co2 secara lebi luas lagi.

Penulis adalah M.Ali Akbar, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Keuangan Syariah

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.