Breaking News
recent

Akses Jalan Menuju Sekolah Serta kondisi Sekolah di Desa Tampor Boor

Foto Jalur Perjalanan Yang Harus ditempuh Pelajar (docs. Istimewa)


Zawiyah News | Aceh Timur-KPM yang dilaksanakan mahasiswa IAIN langsa  didesa Tampor Boor, Kec. Simpang jernih, Aceh timur. Desa tersebut sangatlah indah dan benar-benar asri dimana sekeliling desa tersebut diapit oleh gunung desa tersebut bisa dikatakan desa terpencil karena untuk menuju kedesa tersebut memakan waktu satu harian, ketika melakukan kegiatan didesa tersebut  mahasiswa melihat jalan yang diakses anak-anak menuju sekolah bisa di katakan butuh perjuangan dimana setiap harinya yang dilalui siswa. jalan yang ditempuh untuk menuju kesekolah  memakan waktu kurang lebih 15 menit dari rumah penduduk, sekolah yang dilalui berada didalam hutan sebelah kanan terdapat sungai  yang mengalir dan sebelah kiri terdapat jurang juga pohon-pohon yang besar dan rumput- rumput yang panjang. 

Ketika hari tidak hujan siswa pergi kesekolah bersama-sama dengan guru mereka ada beberapa orang meggunakan sepeda, sedangkan ketika hujan mereka tidak akan kesekolah karena berbahaya, dikatakan berbahaya ketika hujan jalan yang diaskes kesekolah sangatlah licin. Jalan yang dilalui masih menggunakan tanah tidak aspal lalu setiap hujan babi kadang berkeliaran disekitar hutan dan juga terdapat banyak hewan- hewan lainya seperti monyet, dan juga pacat. 

Setelah mereka tiba disekolah kelas yang digunakan hanya beberapa karena sebagian kelas dan ruangan tidak terpakai. Siswa Tampor Boor seluruhnya hanya 16 siswa. Keadaan sekolah sangatlah memperhatinkan dimana dibelakang sekolah tersebut halamannya penuh dengan rumput dan tidak terurus oleh masyarakat, sekolah tersebut tidak ada penjaga yang membersihkan sekolah. Minimnya juga keadaan fasilitas disekolah tidak adanya buku paket, media pembelajaran dan juga fasilitas lainnya. Guru disekolah tersebut terdapat guru bakti, honor dan juga PNS. Guru bakti dan honor adalah masyarakat Tampor Boor sendiri.

Didesa tersebut hanya mempunyai sekolah dasar saja setelah meraka tamat mereka akan sekolah ke desa sebelah yaitu Desa Tampor Paloh dimana jalan yang diakses kesekolah menggunakan Boat dengan aliran sungai yang ada didesa mereka. Mereka kesekolah bersama-sama dengan temannya dengan menggunakan Boat orang tua mereka. Dengan jalan yang ditempuh mereka kesekolah sangatlah jauh tidak membuat semangat mereka pudar. Semangat terus untuk adik-adik Desa Tampor Boor semoga kalian bisa menggapai cita-cita kalian. Harapan saya semoga pemerintah membantu jalan akses menuju sekolah Desa Tampor Boor agar anak-anak pergi kesekolah tidak kesusahan.



(Laina Al Amiri)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.