Breaking News
recent

Daun Nilam, Salah Satu Mata Pencaharian Masyarakat Tampur Boor

Foto Tanaman Nilam Yang Ada di Desa Tampur Boor (docs. Istimewa)


Zawiyah News | Aceh Timur-Pengabdian Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Minyak nilam adalah salah satu komoditas minyak atsiri , tidak heran jika masyarakat  menjadikan daun nilam menjadi mata pencaharian untuk pembuatan  minyak , Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas terna dan minyak nilam tentu saja diperlukan teknologi budidaya panen yang baik dan benar dengan mengenal dan menguasai hal-hal yang terkait dengan budidaya, syarat tumbuh tanaman, bahan tanam, pembibitan, persiapan lahan, penanaman, pemupukan dan pemeliharaan tanaman sehingga nilam produksinya tinggi. 

Minyak nilam merupakan salah satu minyak atsiri yang mempunyai prospek pasar yang cukup besar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Permintaan minyak nilam semakin meningkat seiring dengan semakin beragamnya produk parfum/kosmetika, meningkatnya kebutuhan untuk industri obat-obatan serta belum berkembangnya substitusi essential oil yang bersifat pengikat (fiksasi) dalam industri parfum/ kosmetika. Beberapa wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan berdasarkan kondisi agroklimat yang sesuai dengan persyaratan tumbuh dan telah memiliki sarana pengolahan minyak nilam serta sudah terbentuk akses pemasaran adalah: Provinsi Aceh, Sumatera Utara,dan lain lain. Akhir-akhir ini tanaman nilam juga berkembang di kalangan masyarakat .



(Dinda mutia zahara)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.