Breaking News
recent

Keindahan Tempat Wisata Tersembunyi di Aceh, Air Terjun Keramat

Zawiyah News | Aceh Tamiang-Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur dan terletak di perbatasan Aceh-Sumatera Utara. Kabupaten ini berada dijalur timur Sumatera yang strategis dan hanya berjarak lebih kurang 250 km kota medan sehingga akses barang di kawasan ini relative lebih murah dari pada daerah Aceh lainnya.

Air terjun merupakan sebuah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui sebuah formasi batuan yang mengalir melalui sebuah formasi batuan yang mengalami macam-macam erosi dan jatuh dari ketinggian. Air terjun selain ada yang berbentuk secara alami da nada pula yang sengaja di buat oleh manusia. Pergerakan air jatuh ini sebenarnya mengikuti hukum alamiah air yang mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah.

Keramat, menurut warga sekitar nama ini di ambil dari suasana tempat air terjun itu sendiri. Perjalanan menuju air terjun keramat ini memang melewati banyak pepohonan yang berukuran besar sehingga dianggap keramat. Tetapi pada saat ini pohon-pohon besar itu sudah tidak ada lagi disebabkan oleh ahli fungsi lahan menjadi perkebunan karet. Air terjun keramat ini memiliki 2 tempat yaitu, air tejun keramat 1 dan 2, jarak antara air terjun keramat 1 dengan air terjun keramat 2 berkisar 30 menit apabila di tempuh dengan berjalan kaki. Perjalanan menuju air terjun keramat ini memang sudah tidak alami lagi tetapi walaupun begitu pengujung bisa menikmati perjalanan panorama alam yang sejuk di bandingkan dengan kehidupan kota.

Keramat adalah Suatu objek wisata air terjun yang terletak di desa Wonosari Dusun Sidodadi Kec. Tamiang Hulu, Aceh Tamiang. Air terjun keramat ini merupakan destinasi wista tersebunyi yang minim akan pengunjung, dengan sensasi hening yang dimiliki air terjun tersebut menjadi salah satu destinasi yang cocok karena belum terlalu ramai. Air terjun ini terletak di tengah hutan. Air terjun keramat ini memiliki kesegaran air yang dingin dan air terjun tersebut memiliki kedalaman yang berbeda-beda di setiap sisinya. Air terjun keramat tersebut tidak hanya memiliki air yang dingin tetapi juga memiliki banyak bebatuan seperti salah satunya batu lapis yang memiliki ukuran cukup lumayan besar.

Suasana menuju air terjun keramat ini 

Air terjun keramat yang berada di aceh tamiang ini dapat di dengan transportasi darat tempuh kurang lebih memakan waktu 30 menit tergantung dengan cuaca,jika hujan terus menerus maka jalan pun akan licin dan lumpur yang akan menghambat perjalanan kita jika menggunakan motor. Pemandangan yang sangat indah dari tengah hutan membuat air terjun keramat ini terasa sangat berbeda dengan airnya yang dingin membuat kita selalu tertarik untuk terus mencoba kesegaran.

Cuaca sangat mempengaruhi debit air yang ada di air terjun keramat. Jika musim hujan, air akan deras dan terlihat sangat indah namun jika musim kemarau air terjun ini airnya sedikit. Air terjun keramat ini tidak begitu jernih dibandingkan dengan air terjun yang ada di aceh lainnya. Air terjun keramat ini memiliki air berwarna hijau, dan yang seperti kita tahu warna hijau tersebut di sebabkan oleh kandungan plankton yang terkandung di dalam air fitoplankton maupun zooplankton, larutan tersuspensi,dekomposisi bahan organik, mineral maupun bahan lain yang terlarut dalam air.

Wisata air terjun keramat ini untuk saat ini belum ada pungutan biaya apapun di karenakan tempat tersebut belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

    



(Dara fadila Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Prodi PIAUD)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.