Breaking News
recent

Memberikan Edukasi Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak Desa Karang Anyar

Zawiyah News | Langsa-Bahasa inggris merupakan bahasa yang sangat penting untuk dipelajari. Seperti yang diketahui, bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di segala bidang kehidupan secara global yang digunakan oleh masyarakat dunia. Namun, dalam penggunaan bahasa inggris khususnya di daerah pedesaan, tidak banyak warga yang begitu memahami tentang bahasa inggris khususnya bagi anak-anak. Anak-anak pedesaan cenderung menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi namun minim sekali terhadap bahasa inggris. Hal seperti ini yang saat ini terjadi terhadap anak-anak Desa Karang Anyar.

Mengingat Desa Karang Anyar merupakan desa yang banyak memiliki penduduk bersuku jawa. Dibandingkan dengan jumlah suku lainnya hampir seluruh warga Desa Karang Anyar berasal dari suku jawa. Meskipun warga Desa Karang Anyar berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia namun masih sering kali terdengar dialek bahasa jawanya. Tidak sedikit pula warga Desa Karang Anyar banyak yang berkomunikasi langsung menggunakan bahasa jawa dalam keseharianya baik di rumah maupun di luar. Penggunaan bahasa Indonesia dan jawa yang sering digunakan oleh orang dewasa di lingkungan rumah tentunya bahasa tersebut pula yang juga diikuti oleh anak-anak. Begitu pula dengan lingkungan sekolah yang pada umumnya hanya menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, mata pelajaran bahasa inggris yang sudah dihapuskan pada tingkat sekolah dasar juga menyebabkan anak-anak tidak dapat mengenal bagaimana pembelajaran bahasa inggris dasar. Dikarenakan faktor keadaan tersebut menjadikan banyak anak-anak Desa Karang Anyar yang tidak begitu penduli dan tidak mengetahui betapa pentingnya pendidikan bahasa inggris. begitulah mirisnya pengetahuan  anak-anak Desa Karang Anyar terhadap pentingnya pendidikan bahasa inggris. Dari sudut pandang orang tua maupun warga sekitar menganggap pembelajaran bahasa inggris itu sangat penting. Namun, berbanding terbalik dari sudut pandang anak-anak yang tidak begitu memahami dan mengetahui betapa pentingnya pembelajaran bahasa inggris baik untuk dirinya sendiri maupun masa depan. Keadaan seperti inilah yang harusnya segera ditanggulangi serta cukup meresahkan apabila keadaan seperti ini dibiarkan begitu saja.

Oleh karena itu, dalam hal ini penulis selaku mahasiswa yang sedang menjanlankan masa kuliah kerja nyata di Desa Karang Anyar berkesempatan untuk berperan dalam memberikan edukasi pentingnya pendidikan bahasa inggris kepada anak- anak Desa Karang Anyar. Pada proses pelaksanaan kegiatan tersebut, mahasiswa KKN berperan untuk mengajari pengenalan dan kemampuan bahasa inggris dasar kepada anak-anak Desa Karang Anyar. Kegiatan ini diikuti sejumlah kurang lebih 23 orang anak dari usia kelas dua hingga kelas enam sekolah dasar. Kegiatan ini juga dilaksanakan pada waktu luang anak-anak setelah selesai waktu pulang sekolah. Dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut selama dalam kurun waktu yang ditentukan mahasiswa KKN menyampaikan betapa pentingnya mempelajari bahasa inggris pada era zaman sekarang. Selain itu mahasiswa KKN juga mengajarkan sejumlah materi kemampuan dasar bahasa inggris untuk tingkat pemula.

Mahasiswa KKN memberikan pengenalan tentang bahasa inggris dasar. Ternyata masih banyak sekali anak-anak Desa Karang Anyar yang masih sangat awam sekali yang tidak mengenal bahasa inggris. Bahkan, dapat dikatakan pondasi dasar pengetahuan tentang bahasa inggris anak-anak Desa Karang Anyar masih sangat minim sekali. Hal tersebut yang sangat disayangkan sekali. Mengingat di era zaman sekarang banyak yang menggunakan bahasa inggris dalam berbagai bidang contohnya saja seperti dalam dunia game untuk anak-anak. Selain itu, bahasa inggris juga sangat dibutuhkan untuk kepentingan masa depan anak-anak. Oleh karena itu, mahasiswa KKN perlu memberikan pengenalan bahasa inggris dasar pemula untuk anak-anak.

Mengingat mahasiswa KKN berasal dari jurusan keguruan, mahasiswa KKN melakukan pelaksanaan proses pengajaran bahasa inggris menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan anak-anak tingkat sekolah dasar. Hal tersebut diterapkan oleh mahasiswa KKN sesuai dengan apa yang dipelajari selama di bangku perkuliahan. Terlihat dari reaksi anak-anak Desa Karang Anyar yang antusias dan menikmati dalam mengikuti pembelajaran bahasa inggris pada setiap jadwalnya. Banyak hal-hal baru yang ditemukan anak-anak Desa Karang Anyar selama kegaiatan pembelajaran bahasa inggris yang belum pernah diketahui sebelumnya. Hal ini yang membuat anak-anak Desa Karang Anyar yang mulai terbuka dan menyadari pentingnya pembelajaran bahasa inggris. Begitu pula dengan respon positive yang diberikan oleh pihak orang tua anak-anak maupun warga sekitar yang mendukung terlaksananya kegiatan edukasi pentingnya pendidikan bahasa inggris kepada anak-anak Desa Karang Anyar. Oleh karena itu, dengan segala dukungan dan respon positive warga Desa Karang Anyar maka dapat terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar.




Penulis : Nanda Putri Aryantini

Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.