Breaking News
recent

Pemanfaatan IT Sebagai Media Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Menonton Animasi Anak-anak Berbahasa Inggris

Abstrak

Penggunaan media dalam suatu proses pembelajaran merupakan terutama bagi anak usia dini. Media yang menarik akan memotivasi anak semakin terlibat aktif dan antusias dalam belajar. Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional akan lebih mudah diserap jika dikenalkan sejak usia dini. sangat penting sekali dalam mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini. Salah satu media yang cocok dipakai adalah media berbasis IT. Media ini melibatkan tampilan animasi dan suara yang menarik sehingga anak dapat mamahami apa yang di  lihat dan apa yang di dengardengar. 

Kata kunci : Media pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini

Pendahuluan

Masa emas (golden age) merupakan masa di mana perkembangan anak sangat pesat. Pada masa tersebut, setiap orang tua terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya melalui pemberian nutrisi serta stimulus yang intensif. Bahkan stimulus tersebut dapat diberikan kepada anak sebelum mereka mulai memasuki pendidikan formal maupun non-formal. Bahan ajar pada era saat ini tentu memiliki keunggulan dengan peningkatan penyampaian kumpulan gambar-gambar yang dikombinasikan dengan komunikasi suara dan video. Bahan ajar tersebut bersifat dinamis berbentuk video sehingga memiliki keuntungan karena dapat menunjukkan kasus-kasus yang sebenarnya dalam bentuk visual. Selain pembelajaran menggunakan video, tentu terdapat media yang memiliki kemiripan seperti Animasi. Adapun Animasi merupakan tampilan dalam layar yang menunjukkan visualisasi gerak, dan suara. Sehingga bahan ajar yang ditampilkan dapat lebih menarik perhatian anak-anak tersebut. 

Permasalahan yang terjadi di Tk tersebut adalah Anak-anak belum pernah melakukan kegiatan pengenalan bahasa Inggris dalam bentuk teknologi 

Adapun tujuan  pada KKN-DR berbasis prodi ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan belajar anak dengan media teknologi dan menambah wawasan pemikiran anak. 

Metode pelaksanaan

Adapun metode pelaksaan bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang baru bagi anak-anak tersebut, pelaksaan kegiatan program belajar sambil bermain dapat di laksanakan secara offline atau langsung

 Lokasi pelaksaan

Tempat pelaksaan kegiatan pengamdian ini di lakukan di desa Tunong Ulee gajah. 

Objek yang di teliti anak Tk umur 5-6 tahun. 

Hasil dan Pembahasan

Usia dini merupakan masa bagi seorang anak untuk belajar berkomunikasi dengan orang lain serta memahaminya. Oleh karena itu seorang anak perlu dibimbing agar mampu memahami berbagai hal tentang kehidupan dunia dan segala isinya (Anwar, 2009).Selain itu, TK sebagai sua formal dalam melakukan pendidikan untuk anak Usia dini juga bertujuan membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan,kegiatan pengamdian ini di lakukan secara langsung di Tk  dan di bantu oleh guru-guru tersebut.

Penggunaan bahan ajar dengan aplikasi seperti animasi dan media Yang lainnya dapat membuat pembelajaran lebih beragam dan menarik perhatian. Dengan begitu pembelajaran pada anak usia dini dengan animasi memberikan kemudahan untuk mengenalkan kondisi-kondisi yang tidak bisa ditemui secara nyata. 

Melihat kondisi tersebut maka proses pembelajaran, baik secara sis-tem, kurikulum, metode, dan bahan ajarperlumenyesuaikan dengankon-disi dan kebutuhan yang ada saat ini.Seperti yang telah dikemukakan oleh Eberhard A (2017) bahwa kurikulum dan pembelajaran semestinya di-desain berdasarkan kebutuhan lingkungan (peserta didik). 

Kesimpulan

Pelaksanaan kegiatan KKN-DR PRODI di laksanakan di desa Tunong Ulee gajah dengan kegiatan pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini umur 5-6 tahun. Kegiatan tersebut di lakukan supaya anak mampu menegenal kan bahasa inggris dan pola pikir anak berjalan sesuai kemampuan. 

Pembelajaran ini sangat penting bagi anak usia dini.


Daftar pustaka

Anwar. 2009, “Pendidikan Anak Usia Dini (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu)”. Bandung: Alfabeta.

Agung, I. G., Lawe, R., & Ahmad, A.(2020). Animasi sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Anak-Anak.MUDRA Jurnal Seni Budaya, 35,242–249




RAHMAYANA

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.