Breaking News
recent

Peran Kader Kesehatan Dalam Menyukseskan Posyandu Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu Hamil di Gampong Geudubang Aceh

Zawiyah News | Langsa-Istilah POSYANDU singkatan dari Pos Layanan Terpadu sudah sangat popular di tengah masyarakat. Program ini telah dicanang oleh pemerintah sejak tahun 1986 pada tanggal 26 April yang kemudian diperingati sebagai hari kesehatan nasional. Program Posyandu berfungsi untuk mendorong peningkatan layanan kesehatan masyarakat terutama untuk ibu hamil, bayi di bawah lima tahun (balita) dan anak usia dini. Sejak tahun 2001 pemerintah melakukan revitalisasi program Posyandu guna meningkatkan fungsi dan kinerja yang melibatkan masyarakat melalui kader kader kesehatan. Melalui kader-kader kesehatan desa yang turut didampingi tenaga medis dari dinas kesehatan melakukan pemeriksaan secara rutin dan edukasi kesehatan. Pemeriksaan secara rutin untuk ibu hamil itu penting agar dapat menjalankan kehamilan secara normal dan janin yang ada dikandungan sang ibu dalam keadaan baik, maka dari itu perlu nya pengawasan dan pendidikan untuk ibu hamil, didalam posyandu akan dijelaskan bagaimana saja agar janin yang ada dikandungan tetap dalam keadaan sehat dan baik. 

Aktifitas Posyandu yang melibatakan para remaja sebagai kader kesehatan rutin diadakan di Gampong Gedubang Aceh, Kecamatan Langsa Baru sebagai wujud dari komitmen pemerintah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Selain untuk ibu hamil posyandu ini juga diadakan untuk anak-anak yang dimulai dari 12-59 bulan, yang terkhusus untuk Imunisasi, Polio dan juga  DPT, HB. Selain itu ada juga yang untuk anak-anak yang dimulai dari 9 bulan-15 tahun. Peran kader kesehatan sangat penting untuk mendorong literasi kesehatan masyarakat. Karena banyak anggota masyarakat masih mengabaikan persoalan kesehatan sehingga masih ditemukan kasus anak yang belum cukup gizi yang berdampak pada kasus stunting. Maka mengetahui penting sekali peran kader kesehatan untuk menyampaikan informasi gizi untuk ibu hamil dan anak balita. Selanjutnya melalui kader kesehatan juga disampaikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu selama masa kehamilan. Misalnya makan bakso bagi ibu ibu yang sedang mengandung sangat beresiko bagi kesehatan ibu dan bayi. Ada benarnya bahwa  bakso itu makanan  yang begitu enak sehingga banyak ibu-ibu, anak-anak dan para remaja yang menyukai bakso, mungkin dari mereka kurang mengatahui efek dari bakso tersebut.  Bahaya dari makan bakso salah satu nya menyebabkan kanker tatkala bakso enak tersebut diolah menggunakan bahan borak ataupun formalin bisa memberikan efek kerusakan sel didalam DNA secara tidak langsung bisa menumbuhkan sel kanker didalam tubuh. 

Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan usus, dan naiknya asam lambung. Dan untuk ibu hamil muda yang bisa saja keguguran apabila memakan bakso setiap harinya, karena bakso yang olahannya memasukkan cuka, bahan penyedap lainnya yang berpotensi merusak organ tubuh janin yang baru saja terbentuk. Dengan adanya program posyandu yang melibatkan kader kesehatan telah ikut memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat bagi wanita yang sedang hamil muda. “Kita tidak tau apa saja bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam bakso tersebut, bisa saja itu bahan-bahan yang berbahaya untuk tubuh kita” ujar Asiah salah seorang remaja kader kesehatan. Sebagaimana pribahasa bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Salah satunya dengan menjaga pola makan yang tidak berlebihan.

Selain bakso ada juga yang harus diwaspadai untuk dimakan oleh seorang ibu hamil, yaitu obat-obatan yang dijual secara tidak resmi atau tanpa resep dokter di kios atau warung-warung. “Pada saat mengandung kita tidak boleh meminum obat-obatan sembarangan, seperti biasa kita mengalami sakit kepala, batuk dan demam” kata bidan Gampong Gudubang Aceh. Maka dari itu, ibu hamil sangatlah penting untuk mengetahui bahwa ketika mengalami sakit kepala, batuk dan demam jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan terutama dari warung, karena efek dari obat itu buka untuk ibunya saja namun janin yang ada didalam kandungan akan mendapat efek dari obat tersebut, karena janin yang ada dalam kandungan ibu hamil tersebut makan melalui pusar, dan janin tersebut akan memakan apapun yang dimakan oleh ibunya, jadi alangkah baiknya jika ketika mengalami rasa sakit, hendaknya menjumpai dokter ataupun bidan, sebab mereka lebih mengetahui apa saja obat yang cocok untuk ibu hamil. Peran kader kesehatan dalam program Posyandu telah turut serta melakukan edukasi kesehatan bagi masyarakat khususnya ibu hamil untuk tidak sembarangan memakan obat-obatan yang dijual diwarung.

 Peran kader kesehatan juga telah memberi penjelasan bahwa slogan “kalau ibu hamil terus ingin sesuatu kalau engga dituruti nanti anaknya suka ngences” adalah mitos yang tidak benar. Jika ketika dalam keadaan mengandung, kita ingin makan sesuatu yang dilarang seperti nanas, kopi atau mie instan. Bahkan pola makan yang berebihan seperti berulang-ulang dengan porsi yang mengancam kesehatan janin. Pada masa kehamilan banyak yang harus dijaga selain dari makan makanan yang dilarang, kita juga harus menjaga makan-makanan yang bergizi menurut para ahli kesehatan. Memakan-makanan yang bergizi dan bernutrsi sangat penting untuk  ibu hamil agar nutrisi untuk janin yang dalam kandungan dalam keadaan baik. Ada juga makanan bergizi namun tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil seperti telur dan daging  mentah. Beberapa makanan bergizi bagus untuk ibu hamil antara lain sayuran seperti bayam bagus dikonsumsi ketika hamil  karena banyak mengandung asam folat. Buah-buahan seperti pisang bagus untuk ibu hamil, karena mengandung vitamin B6 yang bisa mengurangi rasa mual pada masa trimester pertama, pisang juga kaya akan kalium. Jeruk, buah ini merupan buah yang mudah dijumpai, jeruk ini kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat. 

Dalam hal ini kader kesehatan telah memberikan pejelasan terkait gizi dan nutrisi bagi ibu hamil. Makanan yang banyak dibutuhkan wanita hamil adalah makanan yang mengandung folat yang tinggi seperti jeruk dapat membantu perkembangan otak dan saraf tulang belakang janin, sehingga mencegah janin terlahir cacat. Kemudian ikan salmon juga memiliki gizi yang tinggi dan vitamin D, asam lemak, omega-3 yang penting untuk otak dan mata janin. Perlu diingat  bagi ibu hamil dilarang memakan ikan salmon dalam keadaan mentah karena dapat membahayakan pertumbuhan anak dalam kandungan. kacang-kacangan juga memiliki peran yang penting untuk serat dan melancarkan pencernaan ibu. Sehingga makanan yang bagus  untuk janin  pastinya bagus juga untuk ibu. Kemudian kacang-kacangan ini juga mengandung kalsium, folat, zat besi, serat, dan protein. “Selama kehamilan nutrisi-nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan janin” kata Asiah kader kesehatan. Maka peran kader kesehatan telah menunjukkan Posyandu di Gampong Geudubang Aceh berjalan sukses.



Nama.    :  Siti Zubaidah (2022019011)

Jurusan : Hukum Keluarga Islam 

Fakultas :  Syariah 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.