Breaking News
recent

Rasidah, Makanan Khas Dari Aceh


Zawiyah News | Rasidah dikenal sebagai makanan Suku Melayu, Begitu juga bagi masyarakat Suku Melayu di Aceh yang merupakan bagian Etnis Melayu. Kue rasidah bukanlah kue khas Melayu yang mudah ditemui di pasaran. Karena kue rasidah biasanya hanya ada pada saat acara tertentu. kue Rasidah merupakan makanan khas Melayu yang konon katanya cemilan para sultan atau raja Melayu terdahulu.

Salah satu usaha kuliner, yang merupakan Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjual Kue Rasidah di Medan, Siska Hasibuan mengatakan makanan khas medan itu sebenarnya bukan bolu.

Makanan khas Medan itu sebenarnya bukan bolu, tapi salah satunya Kue Rasidah ini, Kue ini rasanya manis namun diatasnya ditabur bawang goreng,”

Penyajian Rasidah selalu ada pada waktu Penyambutan Tamu, dan Acara Pernikahan dan lain-lain, proses pembuatannya tidak hanya mengandalkan kreativitas tetapi bahan-bahan yang digunakannya memiliki makna tersendiri, Kue rasidah sendiri bercita rasa manis, teksturnya legit, dan memiliki aroma yang harum karena mendapat taburan bawang goreng di atasnya..

Untuk membuat Kue Rasidah, sangat mudah karena cuma dengan 7 Bahan yang bisa anda beli di pasar/supermarket/minimarket terdekat. Cara membuat Kue Rasidah pun tidak sulit, dengan 3 langkah mudah, bisa dipastikan anda bisa membuat Kue Rasidah yang enak dan lezat. Cukup ikuti bahan dan langkah-langkah membuat kue Rasidah yaitu:

Bahan-bahan: 

 500 gram tepung terigu

 500 ml air matang

 2 sendok makan butter

 5 sendok makan minyak samin, bisa diganti minyak goreng

 5 sendok makan gula pasir

 1/2 sdt garam

Bahan pelengkap

 3 siung bawang merah, diiris tipis

Cara membuat kue rasidah khas Aceh:

Iris halus bawang merah terlebih dahulu, kemudian bawang diaduk dengan sedikit garam dan sedikit tepung agar ketika digoreng bawang jadi renyah, lalu goreng bawangnya. simpan minyak bekas goreng bawang merah untuk membuat kue rasidah nanti, bawang goreng disimpan ditoples jika sudah dingin

Adonan kuenya : Tepung dan gula dicampur, masukkan air matang ke dalam campuran tepung & gula tsb, adonan dibuat tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, aduk dengan tangan atau centong, aduk sampai tepung tidak bergerindil

Masak adonan tersebut dengan api kecil, cara memasaknya sama dengan memasak kue ongol2, hanya disini ditambahkan minyak goreng agar kue jadi terasa enak

Jika air dalam adonan sudah habis/menyusut, langsung masukkan minyak goreng bekas goreng bawang tadi, masukkan minyak sedikit demi sedikit, aduk aduk sampai dirasa adonan tidak terasa lengket dilidah dan tidak juga terlalu banyak minyak dilidah, sesuai selera.

Agar adonan yang dimasak tidak gosong, masak dengan api kecil sampai selesai masak, dan masak dengan menggunakan teflon agar adonan tidak lengket. Kue yang sudah jadi, tinggal ditabur bawang goreng.

 



Penulis : Alissa Qathrunnada (2012019079), Mahasiswi IAIN LANGSA, Prodi Hukum Ekonomi Syari`ah, Fakultas Syari`ah.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.