Breaking News
recent

Secercah Harapan Bagi Anak Bintang Untuk Belajar Ilmu Agama

 

Foto Anak Bintang Sedang Belajar Ilmu Agama (docs. Istimewa)

Zawiyah News | Seraya tahun-tahun berlalu, perjalanan hidup masyarakat bagi anak bintang di Desa Gampong Pondok Pabrik Kebun Lama, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa. Dalam mempelajari ilmu agama dilakukan di rumah guru saja, guna memperoleh ilmu yang bermanfaat. Bahkan fasilitas pembelajaran terbatas yang disediakan oleh guru yang mengajar yaitu satu meja besar bagi guru dan murid, dan sebagian murid lainnya menggunakan kedua tangan mereka untuk mengaji sendiri. Beberapa guru di desa ini masih mengajar ilmu agama di rumahnya. Pengajaran ilmu agama dilakukan di rumah karena beberapa faktor-faktor tertentu. Faktor tertentu itu adalah permintaan dari masyarakat sendiri dan kendala belum ada bangunan bagi anak bintang untuk belajar ilmu agama.

Dahulu bangunan tempat untuk belajar ilmu agama di Dusun Rajawali dan Dusun Merpati Desa Gampong Pondok Pabrik Kebun Lama, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa. Masih berkembang dan tidak mengalami perubahan sosial. Di sisi lain, beberapa desa telah mengalami perkembangan sosial dan perubahan sudah tampak pada bangunan, seperti: TPA/TPQ dan dayah tempat pengajian anak-anak yang ingin di didik. Mengingat kondisi ini, masyarakat tetap mempertahankan nilai-nilai agama bagi anak bintang agar pada diri anak  mempunyai akhlakul karimah untuk masa depan yang cerah.   

Keadaan tersebut bukanlah suatu hambatan bagi anak bintang untuk belajar ilmu agama. Masyarakat Desa Gampong Pondok Pabrik Kebun Lama, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa. Perlahan tetap menanamkan kecintaan yang mengubah dunia menjadi terang. Harapan untuk selalu bahagia itu kembali ada dan kebahagian itu tidak hanya satu tapi milik anak bintang. Manakalah semangat mereka selalu ada untuk belajar ilmu agama.

Keadaan itu kini berubah, bermula hanya sebuah bangunan perusahaan yaitu tempat balai karyawan PTPN I Kebun Lama, yang sudah lama tak terpakai/digunakan lagi oleh masyarakat setempat hingga kurangnya perhatian dari masyarakat, sehingga bangunan terbengkalai. Seiring berjalan waktu, bangunan itu telah mendapatkan perhatian dari pihak relawan yang membantu terbangunnya balai untuk suatu pertemuan. Namun, saat pelaksanaan bangunan itu selesai, bangunan yang ingin digunakan untuk kepentingan karyawan-karyawan PTPN I Kebun Lama sebagai tempat pertemuan juga tidak semestinya berjalan lancar.

Melihat Peristiwa itu, salah satu Warga Dusun Rajawali Gampong Pondok Pabrik Kebun lama yaitu Bapak Rasyid, seorang Karyawan PTPN I Kebun Lama yang tinggal berdekatan dengan bangunan tersebut, tidak berdiam diri begitu saja. Ia berinisiatif untuk mendorong desa ini hidup sesuai tuntutan masyarakat desa agar dapat meningkatkan kemajuan suatu desa, maka bangunan ini dijadikan tempat shalat atau tempat pengajian bagi anak bintang dan perwiridtan warga desa.

Pada Bulan November Tahun 2020, bangunan ini resmi menjadi “MUSHALLA TPA AR-RAHMAN” Gampong Pondok Pabrik Kebun Lama di Dusun Rajawali dan Dusun Merpati, agar bisa digunakan masyarakat sekitar dalam kegiatan-kegiatan untuk memajukan suatu desa. Tapi keadaan itu belum cukup memadai, sehingga  sampai sekarang ini bangunan tersebut masih kurang efektif bagi anak bintang untuk belajar ilmu agama. 

Harapan Masyarakat Desa kedepan semoga bangunan ini, mendapat perhatian oleh pemerintah desa untuk mendukung sarana pembelajaran bagi anak bintang dalam belajar ilmu agama ini nantinya lebih baik lagi. Aamiin… imbuhnya.  



(Indah Elvina)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.