Breaking News
recent

Hapus postingan H-1 acara PBAK, Ada apa dengan Instagram PBAK IAIN Langsa

 

Kondisi Instagram PBAK setelah di take down oleh bidang PUBDEKDOK pada tanggal 21 Agustus 2022.

Zawiyah News | Langsa- Akun Instagram Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan atau PBAK institut Agama Islam Negeri Langsa 2022 yang dikelola oleh bidang Publikasi, Dekorasi dan Dokumentasi atau PUBDEKDOK yang juga merupakan bagian dari kepanitiaan PBAK, menghapus seluruh postingan dan story yang ada di Instagram resmi PBAK. Adapun postingan yang dihapus diantaranya: Penjelasan mengenai PBAK, Persyaratan Mahasiswa Baru, Susunan Panitia, dan lain-lain.

Bidang Pubdekdok menghapus postingan PBAK pada tanggal 21 Agustus 2022.

Ketua bidang Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi atau PUBDEKDOK, Vitra Yuqadhirza mengatakan, dana yang akan diterima hanya senilai 4,5 juta sehingga tidak dapat memenuhi sarana dan fasilitas publikasi dan dokumentasi yang mencakup 2 unit kamera mirrorless untuk video, 2 unit kamera full frame untuk foto, 2 unit stabilizer dan 1 unit drone dalam acara PBAK yang akan berlangsung selama 3 hari, belum lagi beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PUBDEKDOK sebelum acara PBAK semenjak pembentukan panitia PBAK 2022. 

“Drone satu hari 500 ribu, tiga hari sudah 1,5 juta. Kamera 300 ribu satu hari, di kalikan tiga 900 ribu. Kalau di kalikan empat (kamera) sudah berapa dana yang dibutuhkan? Belum lagi biaya untuk gimbal”. Ujar Vitra saat dihubungi oleh kru Zawiyah News, Senin (22/8/2022).

Vitra meminta kepada ketua panitia PBAK untuk menambahkan dana sebesar 1,5 juta agar mencukupi fasilitas dan jasa dari PUBDEKDOK. Namun permintaan tersebut ditolak oleh ketua panitia PBAK. Merasa hasil kerja mereka tidak dihargai seluruh anggota bidang PUBDEKDOK mengundurkan diri dari kepanitian guna menghindari kerugian dari jumlah dana yang kekurangan tersebut dan menghapus seluruh postingan dan story dari hasil kerja PUBDEKDOK  pada akun Instagram PBAK IAIN Langsa dan juga pihak PUBDEKDOK belum menerima anggaran apapun.

“Kami bekerja dari hari pertama pembentukan panitia, kami lelah, dari hari pertama sebelum kegiatan kami lelah buat desain untuk kegiatan ini. Kami sudah tag video Presma (Presiden Mahasiswa), sudah keluar kamera, sudah keluar drone, sebelum hari H kami sudah menyewa itu” keluh Vitra.

Pengunduran diri yang dilakukan oleh bidang PUBDEKDOk disetujui oleh ketua panitia PBAK, dengan kesepakatan bahwa semua hasil kerja bidang PUBDEKDOK akan dihapus dari Instagram PBAK.

Ketua panitia Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Langsa Hajarul Fajri Fillian atau yang biasa disapa Aji mengatakan ada beberapa kegiatan yang tidak tertulis dalam daftar isian pelaksanaan anggara atau dipa sehingga dia memilih untuk meminimalisir penyerahan anggaran daripada PUBDEKDOK. 

“Seperti honorium pemateri,terus bad peserta, bad panitia itu tidak ada dalam Pagu Anggaran termasuk juga sewa mobil, kitakan butuh mobil untuk angkat-angkat barang, belik minyaknya lagi, terus kita sewa tari, dari pertama MC itu gak ada di pagu anggaran.” Jelas Aji.

Aji beranggapan bahwa kebijakan menyalurkan dana kepada PUBDEKDOK sebesar 4,5 juta sudah wajar karena dari jumlah tersebut dipakai untuk sewa satu unit drone, 2 buah stabilizer dan 2 buah kamera, sedangkan 2 kamera lagi hanya dimintakan kepada PUBDEKDOK untuk dijadikan gratis.

Kemudian juga ada penambahan dana berupa uang poding untuk semua bidang sebesar Rp. 700.000 dan uang yang digunakan untuk mengadakan rapat sebesar Rp. 450.000. Aji mengakui bahwa anggaran PUBDEKDOK belum diterima dan akan diberikan sekalian dengan panitia yang lain dengan jumlah berdasarkan yang telah tertera pada DIPA.

Sampai berita ini terbit, postingan di Ig PBAK IAIN Langsa telah diperbarui oleh pihak panitia pada tanggal 22 Agustus 2022.



(*)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.