Breaking News
recent

Mengabdi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Desa Pedalaman (SD Negeri Desa Pante Kera)


Zawiyah News | Pante Kera merupakan salah satu Gampong yang ada di Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Indonesia. Desa ini merupakan desa kecil yang terletak di perbatasan antara Aceh Tamiang dan Aceh Timur. Mayoritas masyarakat di desa tersebut bermata pencarian sebagai bertani dan berkebun atau masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan berempus .

"Desa ini terdiri dari 139 KK,dan memiliki dua dusun yaitu pante kera dan pante cermin yang terbagi menjadi tiga 3 lorong. Namun, penduduk di dusun pante cermin cenderung lebih sedikit dibanding dusun pante kera. Adat dikampung tersebut juga masih sangat kental. Jadi kami harap adik-adik  bisa menyesuaikan diri didesa ini” ujar Suwono selaku kepala desa, Kamis, (04/08/2022).

Masyarakat sekitar sangat melestarikan budaya yang ada, seperti para pemuda dan pemudi yang masih melestarikan tarian adat mereka, Saman Gayo dan Bines. Mereka melakukan latihan rutin dalam seminggu tiga kali di balai desa. Bukti lain pelestarian budaya didaerah ini adalah masyarakatnya yang masih berkomunikasi menggukan bahasa daerah setempat yaitu bahasa gayo. Masyarakat setempat juga sangat ramah akan pendatang, seperti kami selaku mahasiswa yang melakukan kegiatan KPM atau Pengabdian lainnya, yang disambut dan dijamu dengan sangat ramah. 

Meskipun terbilang sebagai desa pedalaman, masyarakat  didesa ini sangat bersemangat dalam berpartisipasi dibidang Pendidikan, hal ini terbukti dengan antusiasme masyarakat yang tetap menyekolahkan anak anaknya, walaupun ditengah keterbatasan yang ada seperti kurangnya fasilitas, jarak tempuh yang jauh dan akses jalan yang sulit.

Setelah kami melakukan pengabdian, salah satu sekolah yang ada di desa tersebut yaitu SD Negeri Pante Kera. Sekolah tersebut dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu jalur darat biasanya untuk siswa/I yang berada disekitar sekolah dan jalur air untuk mereka yang berada di desa seberang. Dikarenakan  desa tersebut sangat minim akan pendidikan, bahkan sarana dan prasarana disekolah tersebut kurang, seperti ruang kelas, ruang pustaka, uks, alat – alat olahraga dll.

Disekolah SD Negeri Pante Kera, kami menemukan beberapa masalah diantaranya yaitu siswa/i disekolah tersebut kurang dalam menerapkan kedisplinan disekolah misalnya mengenai atribut sekolah yang kurang lengkap, kurangnya kemampuan membaca pada siswa. Selama masa pengabdian kami mencoba memberikan pengetahuan yang kami miliki kepada siswa seperti mengajarkan membaca, berhitung dan mengaji. Walaupun dengan kemampuan dan keterbatasan mereka yang berbeda-beda, semangat mereka sangat luar biasa. Mereka sangat senang saat proses belajar berlangsung.

Disamping itu, selain kami mengajarkan anak-anak belajar dan mengaji, kegiatan lain yang juga kami laksanakan diantaranya, melakukan perlombaan, santunan anak yatim, gotong royong di masjid, mengikuti kegiatan masyarakat seperti tahlilan, dan membuat pamplet untuk masjid, gampong, dan perangkat desa serta mengadakan makan bersama di pante yang diikuti oleh masyarakat setempat, guna menjalin silaturrahim antara mahasiswa/i pengabdian dan masyarakat didesa.

Perlombaan yang kami selenggarakan diantaranya adalah lomba adzan, ayat pendek, dan ranking 1. Anak-anak sangat antusias sekali, sehingga diantara mereka sampai ada yang mengikuti 2 cabang perlombaan. Saat gotong royong di masjid, kami membagi tugas diantaranya, membersihkan bagian dalam masjid, bagian teras, halaman, kamar mandi serta mencuci mukenah. Semua itu kami laksanakan dan berikan sebagai bentuk pengabdian kami selama berada di desa tersebut. 

Kami selaku Mahasiswa/i pengabdian, merasa sangat tertampar dengan kondisi dan keadaan masyarakat yang sederhana namun tetap menjunjung tinggi nilai pendidikan dan beragama. Bersyukur masih dapat berbagi ilmu pengetahuan seadanya meski tak seberapa semoga bermanfaat Aamiin.



Nama penulis :

Asri Ainun Pratiwi (1022019017)

Aulia Sinthia Mayang (1042021005)

Azina Zikra (1012019007)

Dilla Fadilla (1042019025)

Ella Mahyuni (1042019005)

Fadli Febrian (1042021007)

Ismail Yusfa (1012020034)

Nurrizqa (1022019028)

Ridha Amalia (1022019029)

Roza Ikhwanda (1022019030)

Safira Mayzura (1052019023)

Suwarni (1012019078)

Tri Aprilianda Nurah (1052019027)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.