Breaking News
recent

SD Negeri Batu Sumbang Perdana Menggelar Upacara Bendera

 


Zawiyah News | Upacara bendera merupakan hal yang lumrah dilakukan pada hari senin, oleh berbagai macam instansi pendidikan dan pemerintahan di Indonesia. Selain prosesi pengibaran bendera, upacara bendera juga meliputi rangkaian proses lain seperti mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, serta amanat dari Pembina upacara. namun berbeda dengan  salah satu sekolah yang terletak di Desa Batu Sumbang Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur  tepatnya SD Negeri Batu Sumbang. Karena semenjak berdirinya SD tersebut tujuh tahun yang lalu belum pernah sekalipun melakukan upacara bendera merah putih. 

Sejak kedatangan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Langsa dari Fakultas  Tarbiyah dan Ilmu Keguruan khususnya Organisasi Mahasiswa mengadakan kegiatan FTIK Mengabdi Jilid II ke Desa Batu Sumbang, kegiatan ini sangat membantu dalam proses belajar mengajar di SD Negeri Batu Sumbang. Kami juga menggelar Upacara Bendera untuk pertama kalinya di SD Negeri Batu Sumbang setelah beberapa tahun vakum dalam  pelaksaan Upacara Bendera hari Senin. Kedatangan kami juga memberikan wajah baru bagi SD tersebut yang dulunya sangat terpuruk  sehingga menjadi sorotan yang baik bagi warga Desa tersebut. Tidak hanya itu, guru-guru yang mengajar di SD Negeri Batu Sumbang juga ikut bangga adanya kehadiran kami di Desa itu.. 

Pada hari Senin 08 Agustus 2022, di SD Negeri Batu Sumbang  dilaksanakan upacara bendera pertama setelah beberapa tahun tidak pernah melaksanakan Upacara Bendera di hari Senin. Setelah beberapa tahun tidak pernah melaksanakan Upacara Bendera hari Senin lagi, akhirnya Bendera Merah Putih berkibar dengan megahnya di lapangan SD Negeri Batu Sumbang  . Selama ini upacara bendera tidak pernah dilaksanakan karena kurangnya tenaga kerja (guru) yang dapat membimbing atau melatih siswa-siswi SD Negeri Batu Sumbang  dalam melaksanakan Upacara Bendera, kerinduan warga sekolah terobati seiring naiknya Bendera Merah Putih hingga ujung tiang bendera yang disertai Lagu Indonesia Raya. Upacara bendera ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, mengenakan masker, dan tetap jaga jarak. 

Yang bertindak sebagai Pembina upacara adalah Kepala Sekolah SD Negeri Batu Sumbang, Bapak Budiman. Dalam arahan beliau menghimbau siswa untuk lebih disiplin dalam hal pemakaian atribut dan seragam sekolah. Beliau juga menghimbau siswa untuk lebih memperhatikan jam masuk sekolah agar tidak terlambat datang ke sekolah. Selain itu, beliau juga melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan upacara bendera yang sedang berlangsung agar pelaksanaan upacara bendera berikutnya bisa lebih baik. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Mahasiswa FTIK Mengabdi Jilid II IAIN Langsa yang dengan telaten melatih siswa-siswi SD Negeri Batu Sumbang dalam  melaksanakan Upacara Bendera sehingga dapat terlaksana kembali Upacara Bendera Hari Senin di SD Negeri Batu Sumbang.

Petugas upacara kali ini adalah perwakilan dari siswa kelas III, IV, V dan VI. Adapun nama-nama petugas Upacara Bendera yaitu : (1) Arga (siswa kelas IV) sebagai Pemimpin Upacara; (2) Andrian, Naufal dan Bunga (siswa kelas V) sebagai Pasukan pengibar bendera; (3) Laila (siswa Kelas IV) sebagai Dirigen; (4) Tasya (siswa kelas VI) selaku pembaca UUD 1945; (5) Ahmad (siswa kelas III) selaku pembaca Doa; (6) Dinda (siswa kelas V) selaku pembaca Janji Siswa;  dan (7) Anisa (siswa kelas VI) selaku Protokol Upacara. Upacara bendera ini berjalan dengan begitu khidmat, semua ini berkat kerja sama dewan guru, siswa-siswi SD Negeri Batu Sumbang, dan Mahasiswa FTIK Mengabdi Jilid II.

Dalam waktu kurang lebih 3 hari Mahasiswa FTIK Mengabdi Jilid II dapat melatih siswa-siswi SD Negeri Batu Sumbang dalam melaksanakan Upacara Bendera hari Senin. Para murid juga sangat antusias dengan terlaksananya Upacara Bendera ini. Yang mana biasanya mereka hanya dapat mengikuti Upacara Bendera sekali dalam setahun saat Hari Kemerdekaan Indonesia di Kantor Camat Kecamatan Simpang Jernih dan sekarang mereka dapat merasakan upacara bendera setiap hari senin di sekolah mereka dan  itu terus berlanjut sampai sekarang.

Para dewan guru SD Negeri Batu Sumbang  juga sangat bersyukur dengan kedatangan dan partisipasi kami di SD tersebut. Yang mana kami tidak hanya membantu dalam  proses belajar mengajar  tapi kami juga membantu kembali terlaksananya Upacara Bendera Hari Senin di SD Negeri Batu Sumbang. Para dewan guru dan Kepala Sekolah SD Negeri Batu Sumbang juga mengatakan bahwa akan terus mempertahankan terlaksananya Upacara Bendera setiap Hari Senin di SD Negeri Batu Sumbang.

Dengan kedatangan Mahasiswa FTIK Mengabdi Jilid II di Desa Batu Sumbang  memberikan titik terang bagi masyarakat terkhusus siswa-siswi SD Negeri Batu Sumbang. Harapan besar juga telah kami titipkan ke Geuchik Desa tersebut untuk terus melanjutkan hal-hal yang sudah terlaksana dan juga terus memantau/memberikan motivasi untuk masyarakat dan para dewan guru SD Negeri Batu Sumbang untuk terus membangun Desa dan Sekolah yang ada di Desa Batu Sumbang. 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.