Breaking News
recent

Alam Yang Belum Terjamah Nan Indah di Mata Pemandian Alur Damar

Zawiyah News | Indonesia memiliki 34 provinsi, salah satu nya provinsi aceh yang memiliki beberapa kota dan kabupaten. Kabupaten aceh tamiang salah satu kabupaten yang ada di provinsi aceh yang memiliki 16 destinasi wisata alam dan buatan salah satu nya ialah pemandian alur damar yang terletak di desa batu bedulang. Desa batu bedulang ialah desa yang berbatasan langsung dengan aceh timur ya itu simpang jernih yang uda menjadi kawasan aceh timur. Awal mula desa Batu Bedulang ialah serkel dari nama kerajaan 1930 an. 

Didesa batu bedulang sendiri memili 2 tempat destinasi wisata yaitu: gua untuk para pencinta alam dan pemandian alur damar. Akses yang sulit dan ekstrim untuk menuju destinasi wisata tersebut harus lah di tutup sehingga tinggal pemandian saja yang ada didesa batu bedulang. Destinasi pemandian alur damar atau pemandian perbatasan senidiri ini memiliki akses yang mudah dan juga lokasi yang di tepi jalan sehingga membuat kita lebih muda menuju lokasi. 

Pemandian alur damar sendiri di kelola oleh seorang warga sendiri dan melibatkan perangkat desa untuk membantu saling membahu untuk meningkatkan perekonomian warga dan juga perkampungan. Kemudahan dalam masuk bantuan dari daerah karena tidak perlu lagi surat perizinan yang panjang di karena kan tanah tersebut milik pribadi dan di tanah garapan bukan di lokasi hutan lindung atau sejenisnya. 

Lokasi pemandian baru dibuka yang atas saja, dibawah juga ada dan juga sama bagus nya cuman karena kurang terawat dan tidak dibersihkan yang masih alam dan semak belukar. Kekurangan dana ialah sebagai penyebab awalnya tersendat dalam pengelolaan wisata tersebut. Dalam perawatan nya masih dengan dana pribadi dan alat masih manual makanya dalam membenahi lokasi belum begitu maksimal.

Menurut bapak wen selaku pemilik wisata tersebut “ kekurangan kami ini anak sebenarnya ada beberapa hal seperti, dana, promosi dan cuaca. Yang menjadi hambatan kami untuk mengembangkan wisata ini karena dulu ini belum terbentuk masih lahan kosong dan banyak orang yang mengunjungi makanya kami buka dan itu ahkan dari warga setempat lah yang mengusulkan untuk membuka wisata tersebut. Namun banyak yang kecewa karena ekspetasi tidak sesuai realita karena pas baru buka di poto sangat cantik tapi pas datang kok kek gini tutur pengunjung jadi ada sedikit kecewa saja merka jauh jauh dari daerah kesimpang kesana kalau hanya melihat tempat itu”. Kamis 27 November 2022.

Hasil wawancara tersebutkan menceritakan pertama kali di buka tempat wisata yang sangat beludak pada lebaran ke 2 tahun 2022 yang dari seluruh tamiang kesana karena viral melihat tempat nya di poto begitu menarik namun pas melihat langsung mereka kecewa karena tempat nya hanya satu saja yang bagsu sisa nya belum begitu bagus dan ketika uda rame maka air nya menjadi keruh dan tidak jernih kembali. Banyak kekurangan yang belum ditambah kan dalam menduku menjadi kiblat wisata halal karena wc, musholah dan tempat wudhu belum di buat karena dibuka belum sampai satu tahun lamanya.

Dengan banyak bantuan dan relasi dari warga kampung pak wen dan kawan kawan membuat proposal permohonan bantuan dana ke kantor bupati untuk membesarkan tempat wisata tersebut. Disetujuilah permohonan mereka dalam waktu 3 bulan dan di panggil untuk menjumpai kadis parawisata kemudian disuruh untuk membentuk kelompok wisata dalam pengelolaan yaitu sebanyak 10 orang yang di pimpin oleh pak wen sendiri. Kemudian pak wakil bupati aceh tamiang sendiri terjun kunjungan untuk melihat tempat wisata alur damar beserta beberapa rombongan yang ikut menemani mengawal pak wakil bupati sendiri. Pak wabub pun sangat menyukai lokasi yang begitu strategi yang cocok untuk dijadikan tempat wisata, hanya dibutuh kan di poles sedikit agar terlihat rapi dan asri.

Banyak wisatawan yang menyukai lokasi wisata yang masih asri dan terjaga karena mereka membutuhkan ketenangan karena banyak tekanan tekana dari pekerjaan sehingga menjadi stres. Cara memulihkan sesaat dengan istirahat sejenak atau kata anak muda yang lagi tren yaitu healing. Healing yang lagi terkenal sangat membantu kata wisatawan hilang stres dan bisa kembali fokus dalam kerjaan sehingga lebih optimal dalam pengerjaan tugas tugas yang ada.  Dengan keasrian yang ditawarkan oleh pemandian alur damar tersebut menjadi salah satu pilihan yang dekan dan akses yang mudah. 

Datang dimusim panas karena akses yang lebih mudah karena ada beberapa jalan yang rawan longsor kalau datang di tengah musim penghujan karena masih ada tebing dan jurang yang harus dilewati sehingga harus dilalui pada musim kemarau dan terik. Pada musim panas air menjadi lebih dingin dan kita akan lebih nyaman untuk mandi disana karena suasana yang panas diluar namun di tempat pemandian yang sejuk sehingga kita mau berlama lama disana. 

Untuk tiket masuk sendiri itu tidak dikutip namun hanya membayar gubuk duduk itu sebesar Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) dan parkir di hari biasa untuk kreta Rp. 2.000 (dua ribu rupah) dan di hari minggu dan hari besar Rp. 5.000 (lima ribu rupiah), sedangkan untuk mobil sendiri untuk  dihari biasa Rp. 5.000 (lima ribu rupiah) dan di hari sabtu – minggu dan hari besar Rp. 10.000 (Sepuluh ribu rupiah). Sangat murah dan meriah yang ditawarkan tiket masuk itu sendiri bahkan kita diperbolehkan membawa makan sendiri namun tetap menjaga kebersihan kita sendiri. 

Jadi tunggu apa lagi kawan kawan ayo mari kunjungi tempat destinasi wisata pemandian alur damar  yang ada di desa batu bedulang kecamatan bandar pusaka kabupaten aceh tamiang provinsi aceh. Jarak dari kuala simpang ke desa batu bedulang kurang lebi 70 KM dan kalau dari medan sekitar 140 Km dan kalo dari langsa sekitar 100 KM kisaran kalo dari tamiang 1 jam setengah dan kalau dari langsa sekitar dua jam perjalanan dan kalo dari medan sekitar 4 jam perjalanan.

Mungkin ini saja yang dapat kami jabar kan dari pemandian alur damar kami mahasiswa pengabdian kelompok desa Batu bedulang. 

Khairul Husna 4012019061

Risna Mauliza 4012019027

Ema Agustin 4012019010

Kusdi Ariand 4012019049

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.