Breaking News
recent

Keindahan Alam Pemandian Perbatasan Sebagai Objek Wisata Halal Indah Nan Asri di Desa Batu Bedulang Kabupaten Aceh Tamiang

By Sri fajar, Desi Nadila, Rio Yolanda, Rifqi Fadullah

Mahasiswa Febi Work Cam Jilid II  Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN- Langsa di Desa Batu Bedulang Kabupaten Aceh Tamiang.

Zawiyah News | Berbicara tentang wisata halal di Indonesia. Aceh merupakan salah satu tujuan terpopuler. Sebagai provinsi yang dijuluki serambi mekkah wisata halal  di Aceh hampir berada di setiap sudut wilayah provinsi tersebut. Salah satunya wisata yang terdapat di desa Batu Bedulang Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang. Udara sejuk hingga pamandian indah menjadikan wisata ini diminati oleh wisatawan dari perkotaan. Dan wisata ini menjadi sorotan masyarakat setempak. Dengan akses jalan yang sudah bagus membuat wisatawan tidak berfikir dua kali untuk menikmati keindahan destinasi ini.  

Destinasi ini disebut dengan Pemandian  perbatasan atau yang lebih di kenal dengan pemandian Alur Damar. Pemandian ini  dapat menjadi salah satu objek destinasi wisata halal untuk mengisi waktu libur dikala hidung bosan menghirup udara perkotaan yang mengandung volusi dan suara kendaraan yang mengusik telinga. Serta lelahnya mata yang setiap hari melihat suasana perkotaan. Dengan adanya pemandian ini akan dapat memanjakan mata yang menyajikan keindahan alam dan tentunya masih tampak asri. Berada di ujung Desa Batu Bedulang tepatnya perbatasan Aceh Tamiang dan Aceh Timur membuat nuansa alam masih begitu terjaga. Itu sebabnya destinasi ini masih begitu alami belum banyak dijamah oleh manusia. 

Udara sejuk serta pemandangan indah dapat dilihat sepanjang jalan,  bukit-bukit yang dihiasi dengan pepohonan hijau menambah keasrian wisata ini. Aliran sungai yang mengalir kaya akan hasil alam dan dapat di manfaatkan masyarakat setempat. Menikmati pesona pemandian Alur Damar menjadi pengalaman tersendiri yang tidak akan terlupakan. Pemandian perbatasan atau Pemandian Alur Damar yang terdapat di desa Batu Bedulang memberikan ketenangan tersendiri dengan adanya  suara aliran air serta burung-burung berkicau di sekelilingnya.

Pemandian perbatasan atau pemandian Alur Damar memiliki air yang sejuk nan jernih yang dapat menyegarkan para wisatawan. Dihiasi dengan bunga-bunga disekeliling pemandian tersebut menambah keindahan destinasi ini. Tak haya itu pemandian perbatasan atau yang sering dikenal dengan pemandian Alur Damar ini berdampingan dengan air terjun kecil yang mengalir di bebatuan karang. menambah keasrian wisata tersebut.

Selain itu, destinasi ini memiliki tempat untuk beristirahat bersama keluarga berupa gubuk kecil dan di lengkapi dengan kursi yang di buat dari batang pepohonan disekeliling pemandian. Dan juga di lengkapi dengan bermacam kuliner seperti makanan cepat saji dan aneka macam minuman segar. Fasilitas lain yang tersedia yaitu tempat untuk sholat atau mushola kecil dan kamar mandi untuk mengganti pakaian.

Demi datang ke pemandian ini, ada perjalanan yang harus di lewati wisatawan. Bukit-bukit yang tinggi menjadi suatu keharusan mengingat lokasi pemandian ini berada di ujung Kabupaten Aceh Tamiang yang Berbatasan dengan Aceh Timur. Meski demikian tantangan yang harus dilewati akan menjadi seru dilakukan terutama bila anda memepunyai jiwa petualang di alam bebas. 

Daya tarik yang dimilki Pemandian Perbatasan atau Pemandian Alur Damar 

1. Air yang sejuk nan jernih yang mengaliri bebatuan karang yang berasal      

    langsung dari pegunungan.

Air yang bersih dan sejuk membuat para wisatawan tidak ingin bangkit dari rendaman kolam tersebut. Di dukung dengan dedaunan hijau sebagai atap untuk berteduh. Bebatuan yang terdapat dalam kolam menjadi tempat berpijak ketika menikmati air yang begitu jernih. Terdapat beberapa kolam yang dapat dinikmati oleh berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi semua kalangan dapat merasakan dan menikmati keindahan dan keasrian pemandian Alur Damar. Hal ini lah yang menjadi salah satu daya tarik wisata halal ini. 

2. Menawarkan keindahan Alam

Ada banyak alasan seseorang untuk berkunjung di pemandian ini. Salah satunya tentu saja untuk menikmati keindahan alam sekaligus dapat merasakan  kesejukan cuaca di daerah pegunungan. Semua ini dapat diperoleh dngan mendatangi pemandian yang cantik ini. Berada di antara pegunungan dan bukit-bukit membuat banyak pepohonan serta flora dan fauna masih di temui. Bersantai di tepi pemandian ini akan mendatangkan rasa ketenangan ditambah dengan suara air yang mengalir membut fikiran menjadi tenang. Selain itu pemandangan hutan belantara dan awan putih yang dilihat dari kejauhan dapat memanjakan mata. Membuat kita merasa bersyukur atas nikmat yang  Tuhan berikan di dunia ini. Dunia yang berdiri tanpa dinding, bumi yang menjadi lantai dan langit yang menjadi atap untuk seluruh mahluk hidup di dunia. 

3. Terdapat Busana khas suku Gayo

Desa Batu Bedulang merupakan salah satu desa yang memiliki adat istiadat yang masih kental. Mayoritas penduduk tersebut adalah suku gayo, yang mana telah kita ketahui bersama jika suku gayo mempunyai baju adat yaitu baju Kerawang. Baju kerawang Gayo merupakan busana adat suko Gayo yang biasanya di pakai saat melangsungkan acara resepsi pernikahan, acara tarian adat seperti tarian Bines dan tari Saman, dan sebagai budaya secara turun temurun. Baju kerawang yang terdapat di desa Batu Bedulang adalah baju Kerawang yang bermotif Kerawang Gayo Lues. Motif pola hiasa Kerawang Gayo asal kabupaten Gayo Lues saat ini menjadi salah satu ukiran yang paling diminati oleh masyarakat lokal bahkan luar daerah Gayo Lues itu sendiri seperti Desa Batu Bedulang. Motif- motif yang terdapat pada baju adat Gayo Lues adalah: mata itik, pucuk rebung, sesirung, leladu, mun berangkat, tulen iken, puter tali, bunge kipes, gegaping, panah dan motif selalu. Untuk warna dasar Kerawang Gayo Lues memakai kain warna item (hitam, Gayo: Red) sedangkan untuk motifnya menggunakan campuran warna ilang (merah), putih, ijo (hijau), dan using (kuning). Untuk para wisatawan yang ingin mencoba dan berfoto untuk di jadikan dokumentasi, maka hasilnya pasti akan sangat bagus. 

4. Berswafoto 

Jangan lupa berswafoto jika datang ke pemandian ini. Dimana destinasi ini menawarkan pilihan spot foto menarik yang memanjakan mata. Pemandian alur Damar di tengan bebatuan dan beragam pepohonan akan sangat indah untuk di foto. Maka sudah pasti, hasil jepretan pun akan maksimal nan cantik. 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.