Breaking News
recent

BERKUNJUNG KE HOME INDUSTRI TAHU DI GAMPONG SEULALA, KECAMATAN LANGSA LAMA

Zawiyah News | Assalamu’alaikum, Wr.Wb

Tahu adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang kental. Tahu adalah sumber protein nabati, kalsium, dan zat besi yang baik, yang juga murah untuk didapatkan. Dan tidak hanya itu, tahu juga bebas gluten, bebas kolesterol dan rendah kalori. Tak heran tahu memiliki begitu banyak  manfaat  bagi kesehatan tubuh kita. 

Indonesia adalah negara  berkembang. Semua ide warga sangat berbeda untuk mendorong kreativitas atau  memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kita sering mendengar kata UMKM. UMKM merupakan kepanjangan dari usaha mikro, kecil dan menengah salah satunya adalah industri rumah tangga. Industri rumah tangga adalah perusahaan yang didirikan oleh  modal kecil, yang pemasarannya hanya di pajak kota langsa maupun di kede sekitanya.

Gampong seulalah adalah salah satu gampong yang ada di kec, langsa lama. Di ini terdapat home industry tahu, dimana home industri ini di miliki oleh seorang laki-laki yang bernama “Boy Adiguna”. Dimana home industri ini didirikan oleh dirinya sendiri. Pak boy adiguna adalah salah satu pengrajin tahu yang berusia 40 tahun. Awalnya pak boy hanya memproduksi beberapa kilogram kedelai kini telah mencapai puluhan kilogram hingga ratusan kilogram untuk sekali produksi. Untuk home industri ini selalu buka tiap hari dari pukul 07.00 sampai 16.00, kecuali pada hari-hari tertentu.  

Pak boy mengawasi langsung setiap proses pembuatan tahu, beliau sempat turun tangan membantu para pekerja di home industri tahu ini seperti yang dilakukan saat kami berkunjung. Proses pembuatan tahu dimulai dengan merendam kedelai selama 3-4 jam. Kedelai kemudian dicuci lalu digiling. Kedelai yang telah digiling selanjutnya memasuki tahap perebusan. Setelah kedelai di rebus kemudian kedelai tersebut disaring. Dalam proses penyaringan, banyak atau sedikitnya api sangat berpengaruh,karena pada proses penyaringan inilah memisahkan antara ampas sari dari kedelainya. Setelah penyaringan kedelai yang telah terpisah dari ampas tadi didiamkan dan sedikit dicampurkan cuka. Selama kedelai didiamkan kedelai akan menggumpal, setelah menggumpal, sari dan air cuka tadi akan memisah lalu air cuka dibuang. Kedelai yang menjadi gumpalan tadi diambil lalu dicetak dalam cetakan tahu. Biasanya cetakan berbentuk persegi. Setelah tahu dicetak dalam cetakan, biasanya pak boy  mendiamkan olahan tahu itu selama 2 jam, lalu setelah didiamkan olahan tadi dipotong sesuai ukuran yang telah dia tentukan.

Dalam home industri tahu yang dimiliki pak boy , ada dua macam tahu yang di perjual belikan yaitu Tahu Putih dan Tahu Goreng. Untuk mendapat kan tahu goreng, tahu putih tadi di goreng dalam wadah yang cukup besar dengan api yang sesuai untuk menggoreng tahu.

Manfaat Dari Tahu : 

“Tahu merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia, serta kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.Selain murah meriah, tahu diyakini mampu membantu Anda dalam mencegah penyakit-penyakit di bawah ini”:

1. Mengurangi resiko sakit jantung

Banyak penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi sayur-sayuran dan bahan pangan nabati (seperti kedelai) berkaitan dengan menurunnya risiko penyakit jantung. Isoflavon dalam kedelai dipercaya bisa mengurangi peradangan pada pembuluh darah sekaligus meningkatkan kelenturannya. Mengonsumsi sekitar 50 gram produk kedelai setiap hari mampu memperbaiki kadar lemak darah dan menurunkan risiko sakit jantung sebanyak 10%

2. Mengurangi resiko kanker payudara

Wanita yang mengonsumsi produk-produk kedelai setidaknya seminggu sekali, dikatakan memiliki risiko kanker payudara yang menurun sebesar 48-56 persen. Efek perlindungan ini didapatkan dari isoflavon, yang juga berpengaruh positif terhadap siklus menstruasi dan kadar estrogen. Manfaat perlindungan dari tahu terhadap kanker payudara tersebut paling banyak didapatkan oleh perempuan yang terbiasa mengonsumsi tahu dan produk kedelai sejak kecil.

3. Mengurangi resiko kanker saluran pencernaan

Penelitian yang mengamati kaitan antara konsumsi tahu dan kanker lambung menemukan bahwa risiko penyakit ini menurun sebanyak 61% pada pria dan 59% pada perempuan yang suka makan tahu. Sedangkan resiko kanker saluran pencernaan lainnya berpotensi berkurang sebanyak 7 persen.

4. Mengurangi resiko kanker prostat

Manfaat makan lebih banyak tahu dan produk-produk kedelai jugua bisa menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 32-51% pada pria. Beberapa penelitian sudah mendukung temuan tersebut dan menyimpulkan bahwa manfaat pencegahan kanker prostat dari isoflavon dalam tahu, tergantung pada jumlah konsumsi tahu serta tipe bakteri saluran cerna yang ada di usus Anda.

5. Mengurangi resiko diabetes

Sebuah penelitian yang melibatkan para perempuan usia menopause menemukan bahwa konsumsi isoflavon kedelai sebanyak 100 gram per hari, dapat mengurangi kadar gula dalam darah sebanyak 15% dan menurunkan kadar insulin sebanyak 23%. Sementara studi lainnya menemukan bahwa mengonsumsi isoflavon setiap hari selama satu tahun, akan memperbaiki sensitivitas insulin dan kondisi lemak darah,.  sekaligus mengurangi resiko sakit jantung.


Biografi penulis

Nama : Shania Pradini (4032019056)

Fakultas/Prodi : FEBI /MKS

Asal Kampus : IAIN Langsa

Semester/Unit : VII/2

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.