Breaking News
recent

Cara Meningkatkan Baca Cepat di SD Negeri 3 Bayeun Bersama Mahasiswa KKN


Zawiyah News | Pendidikan merupakan peran penting setiap manusia karena dapat mengubah dan menjadikan pribadi yang terarah dan bermoral, pendidikan juga merupakan salah satu setiap orang dalam meningkatkan pengembangan diri. tujuan dari pendidikan sendiri yaitu untuk meletakkan kecerdasan, pengetahuan, akhlak mulia, dan juga mandiri dalam mengikuti pendidikan yang telah diajarkan. 

sejarah membaca cepat bermula ketika ahli pendidikan dan psikolog membuat alat bantu untuk menampilkan gambar secara cepat di layar. Eksperimen dilakukan dengan menampilkan gambar pesawat ukuran besar yang kemudian semakin mengecil seiring dengan bertambahnya kecepatan perpindahan antar gambar. Peneliti tersebut menemukan bahwa seseorang bisa mengidentifikasi jenis pesawat yang ditampilkan meski hanya muncul 1/500 detik. Kebutuhan membaca cepat di dunia modern pertama kali ditunjukkan oleh Royal Air Force. Selama Perang Dunia I, mesin takhitoskop dibuat untuk menghasilkan cahaya penanda sebuah pesawat tempur. Pilot pesawat lain perlu mengenali tanda yang dihasilkan dengan cepat untuk mengetahui apakah pesawat tersebut milik lawan atau sekut. 

Membaca cepat adalah kegiatan membaca secara cepat dengan waktu yang relatif singkat untuk mengetahui garis besar isi atau ide pokok suatu bacaan, tampa mengetahui isi bacaan. Dan dari kita tau membaca cepat bisa lebih banyak pengetahuan.

Manfaat membaca cepat yang dimaksud disini yaitu mudah mengenali topik bacaan, mendapatkan bagian penting setiap bacaan, meningkatkan pemahaman, dan juga untuk mengetahui penulisan yang baik dan benar. 

Tekniknya sendiri dalam membaca cepat yaitu teknik scanning, teknik skimming, previewing. 

1. teknik scanning

kegiatan membaca suatu informasi dari sebuah bacaan dengan cara melibatkan imajinasi dan asosiasi, membaca dengan teknik ini melibatkan emosi dalam proses membaca. Waktu yang terbatas dapat akan membuat membaca lebih selektif dan efektif, teknik membaca cepat perlu mrnggunakan buku-buku fiksi atau sastra. Karena buku sastra lebih mdah dipahami dalam sebuah cerita atau kata-kata. 

2. teknik skimming

teknik ini diartikan sebagai kegiatan membaca untuk mendapatkan gambaran mengenai isi dari buku, teknik ini biasanya dilakukan pada saat mencari tang menarik di suatu teks. 

3. Previewing

teknik ini sendiri digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi tentang judul buku, jenis buku, dan juga jenis bacaan.

Tujuan membaca cepat yaitu: 

1. membaca cepat menghemat waktu,

2. membaca cepat menciptakan efisiensi

3. semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk melakukan hal-hal rutin, maka semakin banyak waktu yang tersedia untuk mengerjakan hal penting lainnya,

4. membaca cepat memiliki nilai yang menyenangkan/menghibur,

5. membaca cepat memperluas cakrawala mental, 

6. membaca cepat membantu berbicara secara efektif,

7. membaca cepat meningkatkan pemahaman, 

8. membaca cepat menjamin untuk selalu mutakhir, dan 

9. membaca cepat dapat dikatakan sebagai tonikum mental.

SDN 3 bayeun yang mana terletak didesa baroh yang memiliki 3 kelas dan lebih kurang 70 murid, yang mana dalam 1 kelas dibagi lagi menjadi 2 kelas denan dikasih pembatas karena tidak cukup kelas. Dimana dalam proses pembelajaran guru mengajarkan muridnya secara bergantian supaya tidak terganggu dengan kelas sebelah. Namun sekolah tersebut indah dan rapi banyak tanaman bunga-bunga, pada tanggal 10 desember 2022 kedatangan mahasiswa kkn yang mana para mahasiswa kkn memberi pembelajaran tentang bagaimana cara membaca dengan cepat dan juga mengajarkan mengenal huruf di sekolah tersebut. Para guru menyambut dengan baik atas kedatangan mahasiswa kkn begitu juga dengan para murid yang sangat senang atas kedatangan mahasiwa kkn. Dimana para murid yang tidak sabar ingin dijarkan oleh kakak kkn.

Mahasiswa kkn yang terdiri dari 6 orang memperkenal diri sebelum di mulai proses pembelajaran para murid berdoa dan bernyanyi bersama dan setelah selesai kemudian menjelaskan materi yang akan disampaikan oleh mahasiswa kkn. Mahasiswa kkn mengajarkan cara cepat membaca dengan cara menulis bacaan di papan tulis dan juga murid mendengar dan mengikuti materi yang di ajarkan ada juga sebagian mahasiswa kkn yang mengajarkan menulis dan mengenal huruf yang baik dan benar. Tidak sampai disitu mahasiswa kkn mengajarkan ke setiap murid dengan bahasa yang mudah dipahimi supaya biar cepat terserap apa yang telah diajarkan. Sebagian murid juga cepat memahami bagaimana cara membaca dengan cepat dan mengenal huruf ada juga sebagian murid yang belum paham materi yang diajarkan, tetapi para murid tidak pantang menyerah dalam proses pembelajaran. Disini para mahasiswa sangat berterima kasih kepada guru dan murid yang telah menyambut kami dengan baik dan telah mengizinkan kami mengajar di sekolah SD Negeri 3 Bayeun. 


Artikel Oleh: Riski Nurvalah, Fatmawati, Nurul Aflah

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.