Breaking News
recent

Dampak Wisata Taman Hutan Kota Langsa Bagi Warga Setempat

Gambar.1 Foto Taman Hutan Kota Langsa

Zawiyah News | Hutan lindung di kota Langsa terletak di tengah kota, sehingga dapat diakses oleh banyak orang yang tinggal di dalam dan sekitar Langsa. Pengertian hutan kota adalah kawasan yang ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan lain di dalam lingkungan perkotaan, yang memberikan manfaat bagi manusia dan satwa liar. Wisata hutan lindung dapat dimanfaatkan sebagai sarana ekonomi bagi warga Paya Bujok Seulemak dengan memberikan pendapatan, pekerjaan, dan peluang usaha. 

Hutan lindung di Kota Langsa merupakan hutan kota yang tidak hanya penting bagi ekosistem tetapi juga bagi perekonomian masyarakat setempat. Melihat potensi hutan lindung dimasa yang mendatang akan sangat berdampak bagi warga setempat. Hal potensial dapat memajukan beberapa aspek seperti ekosistem, perekonomian, dan masyarakat.  

Hutan memberikan berbagai manfaat juga peluang bagi penduduk setempat, seperti pekerjaan, pendidikan, kesehatan masyarakat, perekonomian, wisata dan perlindungan lingkungan. Ada nya konservasi hutan lindung menjadi penjagaan alam budaya dan juga membantu pertumbuhan perekonomian di kota langsa sendiri. Dengan lebih peduli tentang hutan sehingga membuat kadar udara dan ekosistem lebih terjaga jauh terhindar dari pencemaran udara, tanah, air, dan bencana alam akibat penebangan hutan.

Lamanya peroses pertumbuhan dari pohon itu sendiri dapat menyebabkan beberapa hal karena usia tumbuhan tersebut masih muda dan belum mencengkram. Hutan sebagai rumah habitat beberapa hewan liar ketika rumah nya rusak dan tidak ada lagi makanan maka hewan akan berkeliaran ke rumah penduduk untuk mencari makan, maka dengan ini kita harus mencegah nya dengan merawat dan juga menjaga ekosistem yang ada di kota langsa kita tercinta.

Hutan lindung serarang di Kota Langsa merupakan salah satu contoh hutan yang telah dimanfaatkan untuk tujuan wisata. Banyak wisata yang di tawarkan di hutan lindung ini sendiri seperti, ada nya kebun binatang, rumah adat aceh, juga tempat rekreasi seperti bebek dayung dan wisata laiinya. Tempat yang luas membuat mata kita segar dan fresh. Pekerjaan yang membuat kita sedikit stres dengan datang ketempat hutan lindung membuat pikiran kita menjadi lebih plong karena awalnya kita di tempat yang sempit melihat tempat yang luas mampu merileks kan pikiran yang menjadi plong. Dengan kembalinya plong pikiran dapat menambah kestabilan dalam hidup maupun juga berpikir. Dengan banyak hal yang ditawarkan di hutan lindung mampu membuat kita menjadi lebih santai dalam hal apapun. 

Hutan memberi mereka sarana untuk mendapatkan penghasilan dan juga menawarkan kesempatan untuk mempertahankan mata pencaharian. Dengan hal ini dapat membuat pertumbuhan ekonomi di kota langsa juga di gampong paya bujok selemak menjadi stabil dan ada kemungkinan menjadi naik.

Gambar 2. Foto Rumah Adat Aceh

Pada wawancara yang dilakukan adanya hutan lindung mampu mendongkrak penghasilan warga payabujuk seulemak. Meningkatnya ekonomi warga setempat diakibatkan oleh adanya masa yang selalu mengunjungi tempat wisata. Perkembangan taman hutan kota langsa yang signifikan membuat banyak lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Tenaga kerja yang diserap ialah dari warga setempat dalam pengerjaan.

Gambar 3. Foto Dengan Pengunjung

“Merasa terbantu karena untuk kebutuhan seperti minum kita bisa beli langsung tetapi alangkah baiknya apabila disusun dan di kelola dengan baik agar tidak liar sehingga tidak mengganggu keasrian hutan lindung itu sendiri.” Tutur rahmat seorang pengunjung.

Gambar 4. Foto Dengan Pedagang

“Tanggapan saya itu sangat menguntungkan karena tempat sendiri dapat menghasilkan usaha dan bisa memperluas wisatawan disini serta bisa menghasilkan produk ataupun hal-hal yang lain dikantin kantin disini jadi sangat menguntungkan bagi masyarakat disini”. Tutur maulida seorang pedagang.

Gambar 5. Foto Dengan Penjaga Loket

“Sangat setuju karena mengurangi pengangguran di kota langsa dan mengangkat perekonomian di kota langsa”. Tutur penjaga loket Jumaidi.

Gambar 5. Wawancara dengan Geuchik M. Syarifudin

“Kalau kita tengok dari segi positifnya dulu dengan keberadaan hutan kota itu dampaknya kita dapat segi perekonomian yaitu dapat tertampungnya ketenagaan kerja jadi dengan adanya hutan kota bisa menyerap tenaga kerja yang berada di sekitar hutan kota itu dan ada banyak juga datang kunjungan dari luar dan dengan sendirinya prospek disitu bagus bagi pengusaha kalau bisa kedepan harapan kami hutan kota langsa di kampong paya bujok seulemak bisa dikelola sama desa dengan sendirinya dapat meningkatkan APBD desa namun sekarang belum bisa terealisasi, sedangkan dampak segi negatifnya yaitu lingkungan yang dulunya terpelihara dengan alami malah sekarang sudah di tata jadi habitat.” Tutur dari geucik M. Syarifudin.

Wisata hutan lindung ini memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, belum banyak pengunjung atau turis yang datang ke kawasan ini karena jaraknya yang jauh dari pusat kota. Selain itu, tidak banyak fasilitas atau fasilitas yang ada di ruang ini yang menyulitkan pengunjung atau wisatawan yang datang ke sini untuk menikmati masa tinggal mereka tanpa kesulitan. Sepi nya pengunjung karena kurangnya strategi promosi atau pemasaran, dan beberapa orang mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membayar biaya masuk. Sedikit kecewa karena di media sosial tidak sama dengan yang nyatanya.

Salah satu kelemahannya adalah banyaknya kegiatan penebangan liar yang terjadi di dalam hutan ini. Pemerintah perlu menegakkan kebijakan yang lebih ketat terhadap para penebang liar ini untuk melindungi sumber daya yang berharga ini. Karna efek buruk dari penebangan liar adalah longsor, banjir dan juga banyak musibah yang akan menimpah. Dengan menanamkan kesadaran dalam penting nya merawat hutan yang sudah senantiasa di babat habis menjadi sumber pencaharian. 

Maka dengan adanya wisata taman hutan kota langsa mendongkrak peningkatan perekonomian warga gampong paya bujok seulemak dan kota langsa. Ada nya hutan kota langsa mampu meningkatkan dan mengikut sertakan pihak gampong dalam menunjang kemajuan bersama. 

Mungkin hanya sampai di sini saja dapat saya sampaikan saya pamit dan undur diri wassalamualikum WR.WB.


Penulis: Al Innal Fazla (3022019048) Prodi BKI, KPM-DR

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.