Breaking News
recent

Gotong Royong Bersama Anak-Anak di Kawasan Wisata Hutan Mangrove Kota Langsa

 


Zawiyah News | Kuala Langsa merupakan tempat yang memiliki beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi ialah Hutan Mangrove Langsa. Namun permasalahan yang masih sering terjadi disini ialah kurangya kesadaran pengunjung terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga mengakibatkan lingkugan yang kurang bersih serta kurang nyaman dipandang.

Lingkungan sekitar tempat wisata yang kotor ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu: 

1. Dedaunan yang berjatuhan dari pohon-pohon yang ada disekitar tempat wisata.

2. Sampah yang ditinggalkan oleh para penjual dagangan disekitar tempat wisata.

3. Sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung wisata yang tidak bertanggug jawab.

Dari permasalahan diatas maka sangat penting untuk dilaksanakannya kegiatan gotong royong oleh para warga masyarakat desa Kuala Langsa. Gotong royong juga sering disebut dengan kerja bakti. Bukan sekedar budaya, gotong royong sudah menjadi bagian dari identitas masyarakat terutama bagi penduduk pedesaan. Gotong royong ini tidak hanya membuat suatu pekerjaan menjadi terasa lebih ringan dan cepat selesai karena dilakukan secara bersama-sama. Tujuan bergotong royong adalah menghemat waktu, tenaga, serta pengeluaran dan juga untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama karena dengan adanya kegiatan gotong royong ini bisa membangun keakraban satu sama lain antar warga.

Nilai-nilai yang terdapat dalam gotong royong ini biasanya nilai tolong menolong dan bahu membahu antar sesame. Gotong royong menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk saling membantu dan menyelesaikan pekerjaan bersama sehingga lebih efektif dan efesien. Dalam melestarikan sikap gotong royong memerlukan kesadaran semua pihak masyarakat guna mempunyai sikap rela berkorban untuk kepentingan umum. Sikap gotong royong seharusnya sudah dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat desa Kuala Langsa.

Minggu, 11 Desember 2022 pada pukul 09.00 wib dilakukan kegiatan gotong royong bersama anak-anak setempat. Gotong royong ini dilakukan dilokasi kawasan jalan menuju hutan  mangrove kota langsa, tepatnya di Dusun Damai desa Kuala Langsa yang diikuti beberapa  anak  gampong Kuala Langsa dalam rangka menciptakan kebersihan dan keindahan kawasan tempat wisata hutan magrove kota langsa. Mereka bergotong royong bahu membahu untuk membersihkan jalan masuk sepanjang  lokasi wisata hutan mangrove. Mengajak anak-anak kuala langsa untuk  bergotong royong ini tentunya memiliki tujuan, salah satunya yaitu untuk saling menjaga kebersihan dan bertanggung jawab atas lingkungan setempat.

Selain untuk menjaga kebersihan kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk membina hubungan social masyarakat khususnya terhadap anak-anak di desa Kuala Langsa. Gotong royong membersihkan lingkungan sekitar kawasan tempat wisata akan meningkatkan nilai keindahan dan kenyamanan dari para pengunjung terhadap tempat wisata yang ada di desa Kuala Langsa.

Kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan wisata hutan mangrove  Kota Langsa. Menurut kepala desa dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam mendukung pembangunan melalui gotong royong ini, tentunya sangat sejalan dengan kebijakan Kepala Desa Kuala Langsa untuk membangun desa yang bebas dari sampah.

Geuchik Kuala Langsa Elisuddin mengapresiasi kegiatan gotong royong bersama anak-anak dalam rangka membersihkan lingkungan seputar kawasan tempat wisata, khususnya wisata Hutan Mangrove Langsa “ kami menyambut baik kegiatan yang dibuat oleh Mahasiswa/I KKNT IAIN Langsa dalam rangka menciptakan suasan lingkungan yang bersih dan sehat “.

Hal semacam ini akan terus didorong, guna menumbuhkan partisipasi dan semangat gotong royong masyarakat dalam mengoptimalkan pemanfaatan segenap potensi yang ada di desa kuala langsa dan di kota, bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak  beberapa anak warga kuala langsa, melalui kegiatan bergotong royong ini akan mengajarkan pentingnya untuk menjaga kebersihan bagi masyarakat kuala langsa supaya anak-anak kuala langsa tumbuh menjadi generasi anak yang peduli tehadap lingkungan sehingga bisa membagun atau mengembangkan potensi pontensial yang ada di desa kuala langsa. 

Kegiatan gotong royong ini biasanya masih sering dilakukan oleh masyarakat Kuala Langsa setiap sebulan sekali, namun dalam kegiatan bergotong royong tersebut  jarang sekali masyarakat mengajak anak-anak turut serta dalam melakukan kegiatan gotong royong bersama. Gotong royong yang dilakukan di desa Kuala Langsa lebih dominan diikuti oleh para remaja serta bapak/ibu setempat.

Setelah kegiatan gotong royong bersama anak-anak berlangsung selama hampir 2 jam akhirnya gotong royong tersebut selesai dilaksanakan pada pukul 11.00 wib. Setelah selesai bergotong royong salah satu diantara mereka, Humaira “ kami bersama teman-teman senang mengikuti kegiatan gotong royong ini “

Kemudian setelah selesai melakukan gotong royong tersebut anak-anak mengumpulkan sampah-sampah yang sudah dikutip, lalu membuangnya ke tempat pembuangan sampah yang sudah disediakan oleh warga desa Kuala Langsa.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.