Breaking News
recent

Kerja bakti Membangun Desa Yang Sehat Melalui Gotong Royong di Desa Bayeun

Zawiyah News | Setiap negara pasti memiliki budaya yang khas dan berbeda dari yang lain. Kita sebagi warga Indonesia pastinya memiliki hidup bermasyarakat maka dari itu untuk terwujudnya kerja sama yang baik yaitu dengan kerja bakti atau gotong royong yang di lakukan bersama- sama.

Kerja bakti salah satu mewujudkan kerja sama dalam membersihkan untuk menciptakan lingkungan sehat melalui gotong royong bersama, gotong royong merupakan kegiatan di lakukan Bersama-sama yang menjadi budaya  diseluruh lingkungan masyarakat kita. Dalam kegiatan gotong royong juga dapat merekatkan tali persatuan dalam sebuah kelompok masyarakat.

Manfaat kerja bakti yaitu salah satu sikap persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat dan dapat membantu kepentingan diri sendiri  di atas kepentingan bersama dalam mewujudkan desa yang bersih dan sehat. Selain itu manfaat dari gotong royong yaitu sikap saling tolong menolong  bersama masyarakat dan terjalinnya silaturahmi.

Gotong royong juga suatu bentuk dari kearifan lokal yang bisa membuat kehidupan bermasyarakat dalam menumbuhkah kerja sama dan meningkatkan kepedulian dalam bermasyarakat berdasarkan semangat bersama.

Ada beberapa nilai yang bisa kita ambil dari kerja bakti atau gotong royong yaitu :

1. Persatuan 

2. Kebersamaan 

3. Tolong menolong 

4. Sosialisasi

5. Rela berkorban

Tujuan melakukan kerja bakti melalui gotong royong  yaitu menciptakan lingkungan sehat,bebas dari penyakit dan tempat tinggal yang  indah bersih dari kotoran dan sampah,untuk itu dilakukan lah gotong royong untuk menciptakan lingkungan sehat.

Bertepatan pada  tanggal  04 desember 2022  perangkat desa bayeun mengadakan gotong royong bersama warga desa bayeun untuk membersihan lingkungan masjid Baitul mutaqim  supaya bersih untuk menjadi kan lingkungan sehat bebas dari sampah yang menggangu ke indahan masjid. Adapun dapat kita ketahui kebersihan adalah sebagai dari iman Ketika manusia tidak mempedulikan kebersihan lingkungan sekitarnya maka kita sebagai manusia harus lah bersih dari kotoran dan najis.

Kepala desa /geuchik memberitahu kepada masyarakat nya agar menjaga lingkungan nya dari sampah supaya menjadi lingkungan yang sehat, maka dari kepala desa / geuchik bayeun dan melakukan gotong royong bersama, dalam hal ini jenis gotong royong yang di laksanakan yaitu membersihkan lingkungan masjid Baitul Mutaqim dan mengambil sampah di samping jalan, Kegiatan tersebut yang di lakukan  dari jam 9:00  WIB sampai selesai, kemudian setelah semua halaman masjid bersih. Dan dalam hal ini juga mahasiswa kkn  dari iain langsa ikut perpatisipan  membantu warga gotong royong untk membersihkan lingkungan masjid.

Selesai gotong royong “kami mahasiswa iain langsa menanam beberapa jenis Bunga di depan pagar masjid untuk terlihat lebih indah”.Untuk menjadikan desa yang sehat marilah kita saling membahu dalam menjaga lingkungan sekitar kita supaya terciptanya ke indahan dan dapat membangun desa yang sehat. Setelah selesai gotong royon kami mengumpulkan rumput- rumput yang sudah dicabut dan membuang nya.

Lingkungan yang sehat di dorong dari gaya hidup kita sehari -hari, seseorang yang melakukan pola hidup sehat dan bersih maka akan mendorong dia untuk membuat lingungang yang bersih dan sehat. Maka dari lingkungan sehat bisa terjadi apabila kita mempedulikan lingkungan sekitar kita, jadi dalam kehidupan masyarkat sangat penting nya gotong royong dalam membangun desa yang sehat.

Kepala desa /geuchik desa bayeun sangat berharap pada warganya untuk membersihkan lingkungan sekitar mereka, supaya dengan cara kerja bakti melalui gotong royong maka akan terwujudnya desa yang sehat.dengan kerja sama kita dapat membangun lingkungan desa yang sehat dan bersih dari sampah.

Dalam membangun desa yang sehat maka pentingnya masyarakat dalam kerja sama supaya terwujud nya kerbersamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bisa membuat desa dan lingkungan sekitar menjadi desa yang sehat. 

Ciri-ciri desa yang sehat yaitu :

1. Dalam bermasyarakat  merupakan kehidupan yang sangat erat suatu desa atau daerah dimana kita tinggal.

2. Desa adalah persatuan social dan persatuan kerja dalama bermasyarakat.

3. Desa yang sehat adalah warganya dapat hidup rukun.

Maka dari itu dalam membangun desa yang sehat melalui gotong royon perlu kerja sama  dari warga nya ,dan sangat penting juga kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita inilah hal yang harus kita ubah. Untuk terwujudnya desa yang sehat dan menjadikan desa bayeun yang sehat maka sangat perlu kerja sama dan menjaga lingkungan, dengan ini lah bisa membangun desa bayeu yang sehat. Marilah sama- sama kita dalam menjaga lingkungan desa kita  dan menjadikan desa yang sehat melalui gotong royong, karena kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar kita itu timbul dari kita sendiri dalam bermasyarakat. Dan merubah gaya hidup kita dalam kehidupan social.   


Artikel Oleh : Nurul Aflah, Fatmawati, Riski Nurvalah 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.