Breaking News
recent

Kue Timphan Asoe Kaya Khas Aceh

Timphan Asoe Kaya

Zawiyah News | Ibukota provinsi Aceh adalah Banda Aceh. Aceh merupakan salah satuprovinsi di Indonesia yang diberi status daerah istimewa dan diberi tambahankewenangan otonomi. Aceh, provinsi paling barat Indonesia, terletak di titik palingutara pulau Sumatera.

Aceh terkenal tidak hanya karena masakan pedasnya seperti gulai aceh dan mie aceh. ada satu jajanan klasik khas Aceh yang benar-benar enak dan bikin kangen. Jika Anda penikmat makanan manis, tidak lengkap rasanya jika belum pernah mencoba kue timphan asoe kaya, jajanan manis yang populer dari Aceh terutama dikota langsa. Kue timphan asoe kaya adalah kuliner khas Aceh. Saat Idul Fitri dan IdulAdha, timphan asoee kaya menjadi makanan wajib saat lebaran, ungkap Farahziba, penjual kue pagi di Kota Langsa.

"Saat lebaran, menu andalan pengunjung rumah adalah timphan asoe kaya Iasering dibuat satu atau dua hari sebelum lebaran, dan daya tahannya bisa bertahanhingga sekitar dua hari jika dimasukkann dalam kulkas kue ini makin bertahan lama", Ungkap farahziba.

Timphan asoe kaya adalah kue basah yang dilapisi daun pisang segar. Penduduk Aceh membuat timphan, makanan jajanan dengan rasa manis dan asinyang khas, menggunakan berbagai bahan yang sederhana, yang paling populer adalah isian asoe kaya atau disebut srikaya. isian srikaya biasa bewarna hijau , tetapi isian srikaya tidak memakai warna tetapi memakai warna yang alami yaitu daun pandan.

Memiliki tekstur yang lembut, aroma pisang yang menggugah selera, dan terbuat dari tepung beras ketan dan pisang raja. Kue timpan yang manis ini disukaidari anak-anak hingga dewasa termasuk saya, saya suka sekali dengan kuetimphan, biasaya saya makan yang isian kelapa maupun srikaya. Tetapi keluarga saya lebih suka isian srikaya dibandingkan kelapa, karena isian sarikaya lebih nikmat dan gurih.

Kue timphan asoe kaya emang agak sulit ditemukan, kue ini biasanya Sering ditemui dipasar pagi maupun di toko kue tertentu saja, seperti di toko kue Rega, di toko tersebut sering memproduksi kue timphan asoe kaya dan kelapa. jika sudah sore kue ini jarang ditemui. untuk harga biasanya penjual memberi harga Rp. 1000/pcs. kue timphan asoe kaya ini sekarang juga sering dijadikan oleh- oleh saat kita pergi keluar aceh. saat saya pergi pulang kampung ke medan saya tidak lupa membawa kue Timphan asoe kaya maupun kelapa. saudara saya yang berada di medan juga sukasama kue ini. karena disana jarang ada kue timphan yg lembut

Dengan semakin majunya teknologi, sekarang kita tidak susah lagi mencari timphan asoe kaya dan Anda tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk menikmati kue ini karena Anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Berikut adalah resep untuk membuat kue timpan isi srikaya ini.

Bahan:

– 500gr tepung ketan

– 10 buah pisang raja yang sudah matang

– 1 butir kelapa, diambil santannya ±0,5L

– 100gr gula pasir

– 1 sdt garam

– Daun pisang muda secukupnya untuk pembungkus

Bahan untuk isi:

-7 lembar daun pandan

-50 ml air

-5 telur

-200 gram gula

-250 ml santan

Cara membuat kulit timphan asoe kaya:

– Masak santan dan pisang raja

– Tuangkan gula pasir dan garam sedikit demi sedikit

– Aduk perlahan hingga matang, lalu dinginkan

– Setelah dingin, ambil campuran andonan lalu dipulung atau digulung menjadi 1

Cara membuat isi timphan asoe kaya :

-Masukkan daun pandan dan air dalam blender, campur rata. Saring untuk menghasilkan ekstrak daun pandan. Sisihkan.

- Campur telur, gula, dan santan. Aduk sampai gula larut. Tambahkan 10 mililiter ekstrak daun pandan.

-Masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas. Siapkan panci berisi air mendidih di atas kompor. Letakkan wadah di atas panci. Masak selama 10 menit sampai adonan mengental. Aduk terus supaya tidak menggumpal.

Cara membuat kue Timphan asoe kaya :

– Bentangkan daun pisang muda di atas talenan

– Ambil 1sdm adonan tepung ketan dan pisang raja lalu pipihkan pada daun pisang

– Isi dengan isian asoe kaya/ srikaya secukupnya

– Gulung adonan tepung dengan bentuk persegi panjang (atau lonjong, sesuai selera) sampai seluruh isian asoe kaya tertutup adonan

– Lipat daun pisang sesuai bentuk kue Timphan, lakukan hingga adonan habis

– Kukus kue Timphan hingga matang.

Sebagai masyarakat aceh sudah pasti sangat bangga atas kekayaan kuliner yang dimiliki. Sudah banyak makanan yang berasal dari aceh salah satunya timphan asoe kaya yang menjadi primadona di tempat lain. Hal itu dikarnakan cita rasa yang enaksangat cocok dilidah semua orang. Gimana teman - teman apakah tertarik untuk mencicipi kue legendaris ini ?


Riska Mutia Amanda

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.