Breaking News
recent

Milenial dan Usahawan: Orang Muda Yang Berkarya

 


Zawiyah News | Milenial adalah generasi yang tumbuh pada era internet booming dimana mereka memiliki karakteristik masing-masing individu berbeda, hal tersebut tergantung dimana dia di besarkan, strata ekonomi, dan social keluarganya, pola komunikasinya sangat terbuka di banding generasi-generasi sebelumnya. Pemakaian media social yang fanatik dan kehidupannya sangt terpengaruh dengan perkembangan teknologi. Begitupun dengan perekonomian yang persaingannya makin pesat menuntut generasi muda makin kreatif dan dinamis.

Zaman global yang serba canggih saat ini, banyak usahawan membuka bisnis yang mayoritas pelanggangnnya adalah pelanggan milenial. Beragam upaya dijalankan oleh banyak usahawan, untuk mewujudkan kesetiaan antara pelanggan dengan barang/jasa yang di tawarkan. Semakin banyak kita menyaksikan kemunculan usaha kreatif secara sporadic yang turut menyumbang nilai social dan lingkungan di berbagai daerah.

Generasi milenial bisa dikatakan adalah generasi muda masa kini yang saat ini berusia 15-34 tahun. Generasi ini identik dengan karakter yang kretif dan inovatif. Generasi ini merupakan salah satu pemegang aspek ekonomi yang di harapkan dalam masyarakat. Harapannya keberadaan usahawan muda yang terjun dalam dunia usaha dapat memicu kreatifitas public terkait inovasi dalam bidang ekonomi. Sifat milenial yang suka dengan tantangan dan perubahan, mendorong mereka untuk senatiasa mandiri dan kreatif. Para milenial merupakan generasi yang siap menjadi usahawan muda.Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial memilki beragam perangkat untuk mengembangkan berbagai usahanya sendiri. Melalui social media, serta beragam kemudahan dari teknologi digital.

Ada 10 langkah-langkah sukses jadi usahawan ala milenial.

1. Jangan setengah hati melakukan sesuatu.

Lakukan semuanya dengan sepenuh hati. Cintai apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan. Selalu ingat, melakukan sesuatu karena passion, merupkan kunci dari sebuah keberhasilan bisnis. Di dunia bisnis, kegagalan menjadi sebuah hal yang biasa. Akan tetapi sebagai seorang pengusaha yang ingn sukses, jangan pernah menyerah untuk terus berjuang dan kembali bangkit.

2. Lakukan step by step, tidak langsung jadi.

Untuk memulai bisnis, apalagi bisnis startup harus memulainya selangkah demi selangkah. Mulailah dari resiko yang paling kecil, dari situ maka seseoarang akan belajar mecncari peluang dan melihat minat pasar. Sehingga, dapat memahami pasar juga keinginan pasar dengan cukup teliti namun pasti.

3. Cari pengalaman.

Luangkan waktu untuk mencari pengalaman dari orang lain. Dengan begitu, akan mudah mempelajari berbaga situasi dan kondisi di lapangan. Belajar dari orang lain akan memperkaya ilmu dan pengalaman, sehingga kelak akan semakin mantap menata bisnis sendiri.

4. Promosi diri.

Percaya diri mtlah penting bagi seorang usahawan. Jadi, jangan malu ntu selalu bertanya dan mempromosikan apa yang menjadi bisnis kita. Teruslah bergerak, jangan ciut oleh cemoohan orang lain. Sebab, prmosi merupakan bagian dari jalan sukses dalam proses menjadi pengusaha.

5. Berani memulai dan mencoba.

Berani memulai, jga menjadi kunci sukses seaorang usahawan. Dengan berani mengambil action maka tujuan dari bisnis akan segera tercapai. Realisasikan ide bisnis menjadi sesuatu yang nyata, bukan sekedar angan belaka.

6. Berpikir out of the box.

Berpikir kreatif adalah kunci seorang pengusaha. Dengan melihat peluang yang ada di pasar, mampu menjadi kesempatan sukses dalam memulai bisnis. Menangkap segala peluang dengan ide-ide kreatif yang tak terpikirkan rang lain, mampu menjadi solusi masyarakat.

7. Punya visi dan misi yang jelas.

Merencanakan bisnis dengan visi dan misi yang jelas, menjadi factor selanjutnya. Buat rencana bisnis dengan fleksibilitas tinggi dan sebuah inovasi bisnis yang di suka masyarakat. Bukan tidak mungkin, tujuan dari bisnis akan tercapai dan sukskses menjadi usahawan.

8. Fokus.

Jalankna satu bisnis secara focus dan telaten. Jangan mudah merasa puas dalam satu sesi atau momentum, lalu begitu cepat memutuskan untuk menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis baru. Pastikan terlebih dahalu bisnis pertama stabl dan sukses , setelah itu, silahkan mengembangkan usaha.

9. Rajin belajar.

Jangan cepat puass, teruslah belajar. Roda bisnis itu pasti mengalami naik dan turun. Jangan lelah berusaha jika sedang di bawah dan juga jangan cepat bangga ketika merasa di atas. Akan tetapi, teruslah belajar dan menggali pengetahuan juga mencari penglaman demi bekal bisnis di masa depan.

10. Punya target pasar.

Jadi pengusaha yang sukses harus pandai menganalisis pasar. Kebutuhan masyarakat terkini yang menjadi trend bisa menjadi target pasar yang empuk dan sesuai. Tetapi, jangan lupa untuk selalu mengunggulkan kualitas dan menyesuaikan kebutuhan pasar.


Nama : YANDA PUTRA RIZKI

NIM : 1032019014

FAKULTAS/PRODI : FTIK / PENDIDIKAN MATEMATIKA

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.