Breaking News
recent

Penebangan Pohon Sawit Membuat Warga Secanggang Kehilangan Pekerjaannya Sementara

Zawiyah News | Kabupaten Langkat merupakan wilayah di Sumatera Utara dengan ibu kota berada di Stabat. Kabupaten Langkat ini terdiri dari 23 kecamatan dengan luas 6.273,29 km2 dan berpenduduk sejumlah 1.030.202 jiwa. Nama langkat ini di ambil dari nama kesultanan Langkat.  Di kabupaten langkat ini tepatnya di Kecamatan Secanggang terdapat sebuah PT sawit yang sangat luas, PT ini bernama PT. Buana Estate yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Dengan adanya PT ini sangat membantu perekonomian masyarakat, yaitu menciptakan lapangan pekerjaan untuk warga setempat sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat Secanggang tepatnya Pada Desa Cinta Raja.

Di desa Cinta Raja tepatnya pada Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terdapat sebuah PT sawit yang bernama PT. Buana Estate. PT. Buana Estate merupakan industri yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, dengan luas HGU 1.788,28 Ha dengan jumlah karyawan 335 Orang. PT. Buana Estate berdiri sejak tahun 1972, awalnya perkebunan ini dibangun sejak tahun 1885 oleh perusahaan dari Swiss yaitu NV. Tabakmij yang ditanami komoditi tembakau Deli, kelapa dan karet dengan luas awal 4.387 Ha. Pada tahun 1942 terjadilah banjir besar yang menyebabkan sebagaian besar areal tembakau deli, kebun kelapa dan karet terendam diduduki dan digarap masyarakat. Tanah-tanah yang telah diduduki masyarakat akhirnya dikeluarkan dari Concessie seluas 2.475 Ha. Sehingga areal yang masih dikuasi hanya 1.911 Ha. Setelah dua kali terjadi peralihan hak pada tahun 1972. Perkebunan ini dimiliki dan dikelola oleh PT. Buana Estate dengan alas haknya SK HGU No. 19/HGU/66. Pada sekitar tahun 1960 berdiri dan terbentuklah pemerintahan desa di perkebunan Cinta Raja, Secanggang Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Letak PT. Buana Estate perkebunan cinta raja di desa perkebunan cinta raja, kecamatan secanggang, kabupaten langkat yang berjarak 10 Km dari ibukota kabupaten Langkat-Stabat, dan berjarak kurang lebih 50 Km dari ibukota provinsi Sumatera Utara- Medan dan memiliki luas guna hak usaha (HGU) 1.788,28 Ha. Perkebunan ini berada di daerah rendah dengan ketinggian 1-3 m dpl (Di atas permukaan laut). Dan jenis tanaman yang di tanam oleh PT. Buana Estate perkebunan Cinta Raja adalah komoditi Kelapa Sawit. Aspek pemasaran produk PT. Buana Estate Perkebunan Cita Raja yaitu pengiriman produk berupa BTS sawit menggunakan truk menuju Sisirau Aceh, yang dimana telah menjadi mitra dan sudah mempunyai kontrak tetap. PT. Buana Estate dipimpin oleh seorang Manajer dan seorang asisten, seorang KTU, dan seorang staff personalia kebun.

PT. Buana Estate yang berada di kecamatan Secanggang baru baru ini merisaukan warga setempat, karena adanya penebangan Pohon sawit sehingga pekerjaan di PT tersebut dihentikan sementara waktu, sehingga para masyarakat yang bekerja sebagai buruh di dalam PT. Buana Estate tersebut kehilangan pekerjaannya untuk sementara waktu. Penebangan pohin pohon sawit ini dikarena usia pohon yang sudah sangat tua sehingga produksi buahnya menjadi berkurang, maka dari itu pihak PT. Buana Estate melakukan penebangan serta melalukan penanaman ulang agar dapat menghasilkan buah sawit yang lebih berkualitas dan lebih banyak.

Dari hasil wawancara dengan seorang buruh pada PT. Buana Estate yang bernama Bapak Yanto beliau berusia 40 tahun warga asli Secanggang Kabupaten Langkat beliau mengatakan bahwa dengan adanya penebangan pohon pohon sawit ini membuat beliau dan semua buruh pada PT. Buana Estate kehilangan pekerjaan untuk sementara waktu, sampai dengan pohon yang di tanami ulang mulai tumbuh besar dan berbuah. Sehingga mereka harus mencari pekerjaan lain atau pekerjaan pengganti sementara untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Para buruh yang diberhentikan sementara ini merasa sedih karena kehilangan pekerjaan mereka walaupun hanya sementara waktu, karena upah yang diberikan oleh PT. Buana Estate lumayan besar apalagi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Upah yang diberikan oleh PT. Buana Estate sesuai dengan UMK atau Upah Minimum Kabupaten Langkat, selain itu para pekerja juga mendapatkan jaminan seperti jamninan kesehatan, jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja serta jaminan hari tua. Selain itu PT. Buana Estate juga mempunya fasilitas yang sangat lengkap seperti fasilitas berupa Poliklinik, pos keamanan, masjid, madrasah, lapangan sepak bola dan lain sebagainya, sehingga para pekerja merasa betah dan nyaman selama bekerja dan bergabung pada PT. Buana Estate.

Walaupun mereka kehilangan pekerjaannya untuk sementara waktu tetapi ini semua dilakukan untuk kebaikan PT. Buana Estate dan untuk kebaikan para pekerjanya. Agar kedepannya produksi kelapa sawit yang dihasilkan oleh PT. Buana Estate lebih baik lagi kualitasnya dan lebih banyak lagi produksinya serta pemasarannya bisa lebih luas lagi sampai go internasioanal.


Oleh: Suci Ramadani

Mahasiswi  Program Studi Perbankan Syariah IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.