Breaking News
recent

Wisata Tangkahan The Real Hidden Paradise

Zawiyah News | Pada tahun 1990’an masyarakat belum-lah sadar akan ada keindahan alam disekitarnya. Jadi pada masa itu masyarakat sempat sering sekali memburu hewan-hewan yang ada dihutan hujan tropis dan menebangi pohon-pohon pada wilayahnya tersebut. Pohon-pohon yang akan ditebanginya itu seperti jenis kayu ulin, cendana, dan semua kayu ditebangi yang memiliki kualitas yang sangat bagus untuk dijualnya pada warga lainnya. Maka kelangsungan hidup masyarakat tangkahan sehingga dapat merusak suasana hutan, namun semakin berkembangnya pada zaman masyarakat setempat menyadari dan mempunyai insiatif untuk menjaga kelestarian hutan dan menjadikan tempat ekowisata. Dengan hal ini dapat membangkitkan keekonomian mereka. Jadi pada tahun 2000 tangkahan sudah dimulai menjadi tempat wisata alam. Oleh karena itu maka terkenalnya atau bisa dibilang dengan surga tersembunyi sebab letaknya keindahan pemandangannya terletak di kaki gunung leuser atau di tengan hutan-hutan tropis yang rindang. Dan masih ada berbagai aneka flora dean fauna Sumatra utara maka disebut dengan wisata tangkaha. Maka wisata tangkahan sekarang sudah terkenal pula dengan julukan The Hilden Paradise in Sumatra Utara.  

Tempat wisata Indonesia semakin lama semakin maju dan banyaknya dari obyek wisata lama semakin maju tersebut yang dibangun Kembali dan disusun fasilitas yang baik. Sehingga obyek wisata dinegeri sendiri tidak kalah dengan obyek wisata yang ada diluar negeri. Pada salah satunya pulau Sumatra utara memiliki banyak objek wisata dengan berbagai jenis mulai dari wisata alam, eduksi, berhari, dan lainnya. Salah satu objek wisata yang bisa anda kunjungi di Sumatra Utara Kabupaten Langkat adalah Wisata Tangkahan.

Obyek wisata tangkahan terletak di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Dan di jam buka obyek wisata ini setiap hari dari jam 08.00-17.00 wib dan tiket masuknya sekitar Rp.3000/orang. Jadi untuk para wisatawan yang suka dengan suasana alam terbuka, Tangkahan adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Karena disana anda bisa melakukan beberapa kegiatan yang sangat seru dan menantang. 

Sebagai objek wisata alam, wisata tangkahan juga merupakan salah satu tempat wisata andalan karena masih kearsian keindahan alamnya bagi pariwisata Sumatra utara dan langkat. Tempat wisata ini tidak dapat hanya dikenal oleh masyarakat langkat dan medam saja, namun juga dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah, bahkan dari luar negri juga. Maka tidak heran jika kita menemukan mereka (turis/bule) disekitar lokasi tangkahan yang liburan di wisata tangkahan. Nah, tak kalah menarik di sepanjang jalan menuju lokasi kita dapat menjumpai berbagai jenis hewan baik itu kupu-kupu, kera, monyet, atau pun orang hutan dan bahkan gajah Sumatra dapat kita jumpainya karena masih kearsian hutan tropis tersebut, kita juga dapat mendengarkan suara kicauan burung-burung dengan sangat merdu yang menemani kita menuju lokasi. Selain itu, tempat wisata ini juga sangat terkenal dengan gajah Sumatra, air terjun, dan pemandian air panas. Kawasan wisata tangkahan ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Dengan luas areal wisata sekitar 17.000 hektar. Sehingga wisata ini dapat dijadikan salah satu tempat wiata andalan bagian barat.

Nah! Semakin banyak pegunjung dari luaran di wisata tersebut maka masyarakat membuat fasilitas yang terdapat di objek wisata Tangkahan sangat cukup memadai supaya pariwisata semakin nyaman dalam berwisata, jadi buat anda yang ingin berliburan di tangkahan tak perlu khawatir akan hal itu. Ada beberapa fasilitas yang terdapat di Tangkahan yaitu:  

Lahan parkir yang tersedia bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di tangkahan telah menyediakan area parkir yang lumayan luas untuk kendaraan. 

Restoran atau tempat makan objek wisata Tangkahan sudah menyediakan restoran atau tempat makan, pastinya setelah bermain atau bertualang di tangkahan selama berjam-jam pasti membuat perut anda lapar. Namun tak perlu khawatir jika anda tidak menyiapkan bekal, karena disekitar obyek wisata anda dapat menemukan restoran yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau. 

Gazebo di bangunanya gazebo disana, agar anda bisa duduk-duduk santai menikmati pandangan tangkahan yang indah, dengan hamparan hutan tropis serta melihat flora dan fauna yang ada disana. Penginapan bagi anda yang ingin menginap ditangkahan anda bisa datang langsung kepenginapan tangkahan yang anda minati dengan tarif yang terjangkau. Ada 7 tempat penginapan di Tangkahan yaitu: Terrario, Mountain View Cottagr, Green Lodge, Mega Inn, Jungle Lodge, Tangkahan Inn, dan Bamboo River.

Mushola bagi wisata yang beragama islam, yang ingin menunaikan ibadah shalat maka anda tinggal datang aja kemusholah yang telah disediakan oleh pihak wisata tangkahan. Jadi, bagi anda yang hobby mengabadikan momen saat liburan, pastinya tempat di atas pastinya recommended banget dan jangan lupa yah…sediakan kamera, karena kamera menjadi hal yang penting tidak boleh terlupakan untuk dibawa saat beriwasata ke suatu tempat. Terutama pada saat ditangkahan, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan mata karena sejuknya suatu alam, terdengarnya suatu air yang mengalir jernih dan banyaknya perpohonan di hutan tropis maka hal ini akan sangat cocok menjadi bidikan kamera. Anda dapat mengabdikan momen tersebut dengan keluarga, teman atau pun pasangan anda, Ketika anda melihag sekumpulam gajah liar Sumatra. Disamping itu wisatawan juga dapat melilingi huta  tangkaha  dengan menunggangi gajah. Untuk menungganu gajah biasanya di pandu oleh guite, jadi kita tak perlu takut.  

Mata pencarian dan ekosistem dapat dilestarikan apabila masyaralat dapat berperan penting dalam hal ini. Maka manusia dengan alam sekitar disebuat dengat interaksi lingkungan hidup, yang mana saling membutuhkan dalam kelangsungan hidup. Maka ayuk kita alam sekitar di sekitar kita. 


Penulis: Noni Shinta Utami, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Matdrasah Ihtidayah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguran IAIN LANGSA. 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.