Breaking News
recent

Penguatan Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Masyarakat Gampong Benteng

Zawiyah News | Kegiatan gotong royong merupakan kegiatan yang menjadi ciri khas dari masyarakat di Indonesia. Gotong royong sudah menjadi budaya yang menjadikannya sebagai salah satu identitas bangsa. Namun, beberapa tahun belakangan ini peminat gotong royong sudah mulai menurun

Proses penguatan nilai-nilai gotong royong di Gampong Benteng, Kec. Bayeun, Kab. Aceh Timur dapat dilihat melalui tiga aspek yaitu pertama, dari segi persepsi masyarakat Gampong Benteng bahwa kegiatan gotong royong adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh masyarakat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan, dengan tujuan untuk menimbulkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban di masyarakat. Kedua, melalui upaya pemberdayaan gotong royong yang dilakukan di Gampong Benteng memberikan keringanan beban bagi orang lain. Sehingga kegiatan gotong royong yang dilakukan dapat dirasakan oleh mereka sebagai suatu kebutuhan yang apabila tidak dilakukan maka mereka akan merasakan kehilangan. 

Adanya kendala-kendala yang seringkali menjadi penghambat kegiatan gotong royong dapat dijadikan patokan untuk dapat lebih meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan kegiatan gotong royong. Ketiga, nilai-nilai yang terkandung di dalam kegiatan gotong royong terdiri dari nilai kebersamaan, tolong menolong, persatuan, sosialisasi dan rela berkorban. Artinya bahwa nilai-nilai tersebut memberikan penguatan terhadap kegiatan gotong royong yang selama ini dilakukan oleh masyarakat Gampong Benteng, Kec. Bayeun, Kab. Aceh Timur.

Gotong royong sejatinya adalah sebuah nilai, namun di dalamnya terdapat beberapa nilai-nilai yang dapat digali yang menjadi nilai budaya bangsa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian penulis mendapatkan nilai-nilai yang terdapat dalam kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Gampong Benteng. Nilai tersebut terdiri dari nilai kebersamaan, persatuan, rela berkorban, sosialisasi dan tolong menolong. Diantara nilai-nilai yang ada, nilai kebersamaan dianggap paling mendominasi karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri melainkan butuh bantuan dari orang lain. Dengan adanya gotong royong yang selama ini sudah dilakukan oleh masyarakat Gampong Benteng membuat semua orang yang terlibat akhirnya merasa memiliki dan membutuhkan. Kebersamaan yang ada di dalam kegiatan gotong royong dianggap dapat melunturkan perbedaan yang ada karena pada saat pelaksanaan gotong royong dimulai semua melebur jadi satu, baik itu laki-laki atau perempuan, kaya miskin, orang yang memiliki pangkat tinggi atau rendah. 

Dengan mengedepankan nilai kebersamaan maka sebelum melakukan kegiatan gotong royong masyarakat Gampong Benteng melakukan musyawarah terlebih dahulu, masyarakat dikumpulkan di kantor geuchik sehari sebelum pelaksanaan gotong royong dimulai. Musyawarah perlu dilakukan guna memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada secara bersama. Proses musyawarah diharapkan sebagai proses sosialisasi artinya nilai sosialisasi dalam kegiatan gotong royong di Gampong ini ada dengan tujuan agar masyarakat di Gampong Benteng dapat berbaur baik itu masyarakat pendatang ataupun masyarakat yang telah lama mendiami Gampong tersebut.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.