Breaking News
recent

Pentingnya Pendidikan Anak di Usia Dini Cinta Anak di Gampong Lengkong


Zawiyah News | Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu pendidikan yang memberikan stimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan pembelajaran kepada anak usia dini. Anak usia dini adalah anak yang berumur 0 sampai 8 tahun (secara internasional) yang mana masih mengalami perkembangan didalam masa pertumbuhannya.Sedangkan secara nasional anak usia dini itu berumur sekitar 0-6 tahun. Jadi, yang dinamakan anak usia dini yaitu anak yang berumur 0-6 tahun yang mana masi mengalami pertumbuhan.

Tujuan pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan potensi anak baik dari segi spiritual, ibadah, kecerdasan motorik dan psikomotor anak yang mana gunanya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.Tujuan khusus dari pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan potensi yang ada pada diri anak. Fungsinya yaitu ada berbagai macam yaitu adaptasi sesuai tugas  perkembangan. Di zaman sekarang orang sering menganggap pendidikan bagi anak usia dini adalah hal yang sepele, padahal zaman sekarang pengaruh yang buruk sudah didapatkan anak sejak kecil atau pada masa usia dini. Ada 2 hal yang penting untuk membantu perkembangan anak optimal, yakni nutrisi serta stimulasi. “Nutrisi harus presisi sesuai tumbuh kembang anak. Begitu pula dengan stimulasinya. Dengan dukungan menyeluruh, penggabungan nutrisi dan stimulasi yang presisi sesuai usia perkembangan, bisa menciptakan anak-anak yang berprestasi,” 

Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini maka penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini di sesuaikan dengan tahap tahap perkembangan yang di lalui oleh anak usia dini.Pendidikan anak usia dini memang harus diperhatikan karena di usia dinilah anak akan lebih mudah mengingat segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya. Jadi, alangkah baiknya anak pada usia tersebut diajarkan tentang sopan santun seperti berdoa sebelum makan, bersalaman bila berjumpa dengan orang dewasa, atau mengucapkan salam ketika masuk ke ruangan ( rumah, kelas dan lain-lainnya).Anak yang sudah terlibat di PAUD pada umumnya sudah cocok untuk melanjutkan pendidikan di taman kanak-kanak atau TK oleh karena itu pendidikan usia dini (PAUD) berperan penting dalam menanamkan sifat kejujuran kedisiplinan dan hal-hal positif lainnya seperti halnya di PAUD Cinta Anak yang didirikan oleh desa Lengkong.

Pendidikan pada usia dini penting bagi perkembangan si anak melalui pendidikan inilah si anak bisa belajar berinteraksi dan menjalin hubungan sosial dengan anak-anak yang seusianya dengan demikian si anak dapat berkembang dengan cepat serta dapat menstimulus perkembangan emosional si anak karena anak akan belajar bagaimana untuk bersabar serta bergaul dengan orang lain.PAUD Cinta Anak beroperasi setiap Senin-Sabtu dimulai pada jam 8.00-11.00 WIB. Dengan 30 orang murid dan dua orang guru perempuan yang bernama Bu Susi dan Bu Pila murid-murid di sana diajarkan tentang doa-doa keseharian seperti doa makan doa tidur doa setelah makan, doa minum, doa masuk wc dan lain-lainnya.

Di PAUD Cinta Anak Gampong Lengkong anak-anak juga diajarkan tentang huruf-huruf abjad, angka-angka serta mengajak anak-anak untuk menggambar atau mewarnai lukisan, terkait dengan apa yang dipelajarinya, salah satu guru yang mengajar di sana mengatakan bahwa "karena PAUD tersebut tidak berkaitan dengan pemerintah maka buku yang dipelajari di beli oleh orang tua mereka sendiri" ujarnya, di sana juga anak-anak  diajak untuk bernyanyi atau yel-yel sebelum pulang.

Selain itu anak-anak yang pernah ikut dalam pendidikan di usia dini atau paud sangat berbeda dengan anak-anak yang tidak terlibat di PAUD, anak-anak yang terlibat dalam PAUD akan lebih mudah mencari teman atau beradaptasi dengan lingkungannya sedangkan yang tidak terlibat dalam pendidikan di usia dini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk beradaptasi dengan lingkungannya serta dalam mencari teman, kerap kali mereka sering ditemani oleh orang tuanya. Ibu Pila salah satu guru yang mengajar di PAUD Cinta Anak mengatakan bahwa " dalam mengajar anak-anak usia dini susah-susah mudah, karena dalam proses mendidik anak harus memiliki kesabaran dalam menghadapi si anak, beliau juga mengatakan bahwa "anak-anak terkadang mereka sering bertengkar dengan kawan bermainnya sehingga sangat perlu pengawasan yang lebih ". Tuturnya.Peranan guru sangat penting demi tercapainya tujuan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan, peranan guru dalam pembelajaran terpadu adalah sebagai perencana, pelaksanan dan sekaligus evaluator. Peranan lain yang harus dilakukan guru sebagai pendidik, pembimbing dan pelatih.

Pendidikan anak usia dini yang orang tua berikan bagi anak merupakan suatu persiapan kematangan anak dalam menghadapi masa demi masa untuk perkembangannya di masa yang akan datang. Saat ini telah banyak berbagai sekolah taman kanak-kanak memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas demi mengembangkan kemampuan dan bakat dalam diri anak tersebut. Oleh karena itu, diperlukan usaha dan orangtua dalam mengajar dan mendidik anak terutama dalam membaca. Mengajar anak membaca tidak harus melihat berapa usia yang tepat untuk mengajarkannya. Yang terpenting disini adalah Anda berusaha memberikan yang terbaik dalam pendidikannya kelak.



KPM-KS IAIN Langsatahun 2022, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam,

 Team Penulis :

Mairiskalina (1012019021)

Yulia Annisa (1012019038)


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.