Breaking News
recent

Sampah Berserakan Membuat Warga Menjadi Resah

Zawiyah News | Akhir-akhir ini saya melihat banyak warga yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.Baunya yang menyengat membuat orang yang lewat sangat tidak nyaman,namun warga tidak memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah.Meskipun dikatakan bahwa disini dilarang membuang sampah sembarangan,masih ada beberapa Warga berserakan dengan sampah. 

Menurut salah seorang Pak Amri,'' kata Pemko yang sudah beberapa kali bergotong royong membersihkan sampah itu sebelumnya, namun keesokan harinya melihat banyak orang membuang sampah di sana, bahkan Pemko pun menumpuknya. masih semakin parah, semakin banyak”, ujarnya. Kesadaran masyarakat memang penting, namun hingga saat ini masih lemah sehingga meskipun berbagai pihak telah menyediakan lahan untuk menangani sampah, namun masih banyak sampah yang berserakan. Membuang sampah sembarangan menimbulkan bau yang tidak sedap dan penampilan yang tidak sedap dipandang. 

Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang masih belum dapat diatasi. Kita manusia memang penghasil sampah, tapi masalahnya bukan sampahnya, tapi perilaku orang yang membuang sampah sembarangan. Sampah tersebut adalah semua sampah organik seperti kemasan makanan, botol minuman bekas, sisa makanan yang sering kita lihat berserakan di sekitar kawasan Langsa Lama. Sekilas memang masih ada sedikit, namun jika dibiarkan kebiasaan ini lama kelamaan akan berdampak buruk bagi warga Laolangsha.

Membuang sampah sembarangan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunaan, kenikmatan, dan nilai ruang publik kita. Hal ini membuat lingkungan terlihat kotor dan berantakan sehingga membuat banyak orang tidak nyaman. Bukan hanya soal kenyamanan dan estetika, sampah dibuang di jalan, tepi jalan, atau di mana saja bisa tersapu atau dibuang ke sungai. dan saluran air lainnya, mencemari tanah, saluran dan lingkungan di dalamnya. Dampak membuang sampah sembarangan tidak bisa dianggap remeh. 

Akibat sampah yang berserakan ini, banjir dapat terjadi, kehidupan hewan terganggu, dan kesehatan manusia terancam. Berikut kami sampaikan dampak membuang sampah sembarangan ( Menyebabkan kerusakan Dampak pertama dari membuang sampah sembarangan adalah menyebabkan kerusakan. Sampah dapat mengandung barang-barang yang dapat membahayakan atau menyebabkan kerusakan tubuh pada manusia atau hewan. Seperti jarum dan pecahan kaca. 

Membuang puntung rokok secara tidak sengaja dapat menyebabkan kebakaran hutan. ( Mempermudah penyebaran penyakit Efek kedua dari membuang sampah sembarangan adalah dapat meningkatkan penyebaran penyakit. Pembuangan sampah yang sembarangan dapat mendorong penyebaran hama dan penyakit. Selain itu, sampat dapat menjadi tempat berkembang biaknya penyakit dan menular melalui hewan dan

memakannya. Jika sampah menampung air, dapat menjadi sarang nyamukn dan penyakit, yang dapat menyebarkan penyakit malaria yang mngakibatkan kematian. Bahkan kimia beracun dan penyakit, yang menyebabkan mikroorganisme di tempat sampah,juga dapat mencemaeri system air dan menyebarkan penyakit yang terbawa air, yang dapat berdampak negative pada kesehatan hewan dan manusia  jika air yang tidak bersih atau tidak bersih atau tidak diolah sebelum dikonsumsi.

• Mencemari lingkungan

Dampak buang sampah sembarangan yang ketiga yakni dapat mencemari lingkungan. Sampah berdampak buruk bagi lingkungan. Bahan-bahan beracun atau bahan kimia di dalam serasah dapat terhempas atau terbawa ke sungai, lahan hutan, lautan, danau dan anak sunga hingga akhirnya mencemari saluran air, tanah, Kawasan hutan,atau lingkungan perairan.

• Polusi tanah

Dampak buang sampah sembarangan yang berikutnya yaitu dapat menyebabkan polusi tanah. Pencemaran tanah merupakan salah satu dampak buruk dari membuang sampah sembarangan. Sampah terdiri dari beberapa bahan seperti kaca, bahan organik seperti plastic,bekas makanan,popok bayi , dan bahan -bahan lainnya yang mengandung bahaya. 

• Polusi udara

Dampak buang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan polusi udara. Orang sering membakar sampah untuk membuangnya. Namun, dalam proses pembakaran zat berbahaya yang terkandung  dalam sampah bercampur dengan udara dan mengakibatkan polusi udara. Membakar sampah sembarangan  dapat berdampak negative bagi  sstem pernapasan pada manusia.

• Polusi air

Membuang sampah sembarangan dapat berkonribusi terhadap pencemaran air dalam beberapa cara. Ketika orang membuang sampah merka langsung ke air , maka sungai dan danau dapat tercemar. Selain itu, pencemaran air dapat masuk ke air tanah ketika sampah terbawa air ke tanah kita karena hujan turun/ curah hujan . sampah ini kemungkinan besar akan berakhir dilautan dan juga dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Adapun pengendalian sampah yangv paling sederahana kita dapat melakukan berbagai cara  salah satunya dapat menumbuhkan kesadaran dalam diri sendiri dan tidak merusak linglungan dengan sampah. Mulailah tanamkan niat bahwa  ‘’aku harus membuang sampah pada tempatnya . selain itu  juga diperlukan juga control  sosila budaya masyarakat  untuk lebih menghargai lingkungan dengan cara merawat dan melestarikannya . peran pemerintah dalam hal ini juga  sangat diperlukan  dengan adanya peraturan-peraturan  dan pemberian sanksi- sanksi bagi yang melanggar.

Oleh karena itu mari kita bijak menggunakan kantong kresek/plastik dengan baik. Buanglah sampah pada tempatnya.


Raudhatul Hasanah (1052019092)

Prodi : PGMI

KKN KS

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.