Breaking News
recent

IAIN Langsa Resmi Wisudakan 426 Sarjana dan Magister

 

(doc Siti Nurhaliza)
Zawiyah News | Langsa - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa  melaksanakan wisuda sarjana dan magister cluster I dengan jumlah 426 dari 91 wisudawan dan 335 wisudawati di Laboratorium terpadu IAIN Langsa. Kamis, (16/03/23).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan menyampaikan seluruh anggota wisuda hari ini mencapai 426 orang. Hingga saat ini IAIN Langsa melahirkan sebanyak 13.419 lulusan.

Wisuda cluster I ini di hadiri oleh Pj Wali kota Langsa yang di wakili oleh Abdul Qayum staf bidang kemasyarakatan dan SDM, beserta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Langsa dan civitas academika IAIN Langsa serta tamu undangan lainnya.

Adapun secara rinci, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melepaskan 129 sarjana yang  terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Islam sebanyak 50 orang, Pendidikan Matematika  14 orang, Pendidikan Bahasa Arab 9 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 18 orang, Pendidikan Islam Anak Usia Dini 7 orang dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 32 orang.

Selain itu Fakultas Syari'ah menerbitkan 81 sarjana. Antara lain, dari jurusan Hukum Ekonomi Syariah 36 orang, Hukum Keluarga Islam 17 orang, Hukum Pinada Islam  8 orang dan Hukum Tata Negara 20 orang.

Adapun Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah menyuguhkan 64 lulusan. Terdiri dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam 12 orang, Bimbingan Konseling Islam 36 orang, Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir 8 orang dan Ilmu Hadits 8 orang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menghasilkan 145 sarjana dan menjadi fakultas terbanyak yang meluluskan sarjana pada wisuda periode pertama tahun ini. Diantara 145 orang berasal dari jurusan Perbankan Syariah sebanyak 52 orang, Ekonomi Syariah 41 orang, Manajemen Keuangan Syariah 47 orang dan Manajemen Zakat dan Wakaf 5 orang.

Sementara itu Program Pascasarjana hanya meluluskan 7 orang alumni dari 3 jurusan. Hukum Ekonomi Syariah 2 orang, Hukum Keluarga Islam 2 orang, dan Pendidikan Agama Islam 3 orang.

Muhammad Suhaili Sufyan mengatakan wisuda ini pertanda selesainya pelayanan akademik kepada para sarjana secara formal. Dan menyerahkan ananda kepada ayah dan bunda serta masyarakat untuk mempraktikkan ilmu yang dimiliki serta menebarkan kebaikan dilingkungan sekitar.

"Wisuda ini merupakan pertanda selesainya pelayanan akademik secara formal yang diberikan IAIN kepada mahasiswa, wisuda juga mohon kami menyerahkan kembali ananda semua  kepada ayah dan bunda serta masyarakat untuk mempraktikkan ilmu yang dimiliki untuk menebarkan kebaikan kepada semua, dalam rangka misi rahmatan lil'alamin," ujar wakil rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa.

 Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri menyampaikan, wisuda ini adalah hasil dari kerja keras, kesabaran dan kesungguhan untuk menempuh cita- cita, dan juga doa selama menjalani studi. Basri berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh para sarjana menjadi bekal yang bermanfaat untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

"Apa yang kita Saksikan pada wisuda ini adalah hasil dari kerja keras, kesabaran kesungguhan dalam menempuh cita-cita, dan doa dalam menjalani studi. kami segenap pimpinan dan segenap jajaran IAIN Langsa mendoakan semoga ilmu dan keterampilan yang di peroleh menjadi bekal yang bermanfaat untuk membangun kehidupan,” ujarnya.

Acara wisuda berjalan kondusif dengan rangkaian orasi ilmiah yang di sampaikan Prof. Dr. Muhammad dengan tema Meneguhkan Pengabdian Dalam Menebarkan Rahmatan Lil Alamin.

(Syuknura Maghfirah)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.