Breaking News
recent

4 Tips Agar Tidak Bosan Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

Gambar: dok. Echa Mayanti
Zawiyah News | Langsa- Puasa Ramadan berlangsung sebulan penuh. Jika tidak memiliki persiapan mental yang cukup, maka umat Islam akan dihinggapi oleh rasa bosan untuk menunaikan ibadah puasa. Akibatnya, anda tidak lagi fokus pada puasa dan ibadah ibadah sunnah lainnya.

Meski tahun depan anda belum tentu bisa bertemu lagi dengan bulan suci yang penuh berkah ini. Oleh karena itu, Anda harus, menyambut bulan Ramadan dengan segala keistimewaan di dalamnya.

Nah agar anda tidak bosan berpuasa, ada beberapa tips yang harus anda ikuti nih, mengutip Kitab Puasa yang ditulis oleh Muhammad Rusli Malik.

1. Perlu diketahui sebelum Ramadan tiba bahwa puasa Ramadan berlangsung sebulan penuh. Maka kata 'satu bulan' sudah terpetakan di kepala sebelum memulai puasa. Kebosanan merupakan gejala psikologis yang dapat diatasi dengan berpegang pada prinsip 'Jika Anda berpikir Anda bisa, Anda pasti bisa'.

2. Niat yang tulus. Maka dengan niat tulus berpuasa berarti kemampuan psikis untuk membuang atau melepaskan segala keinginan lainnya, kecuali benar-benar memanfaatkan bulan suci Ramadan sebagai wahana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Raih cinta dan Ridha-Nya. Singkirkan nafsu konsumtif, materialistis dan egoistik.

3. Targetkan di awal Ramadan untuk memvariasikan aktivitas ibadah selama bulan puasa. Kebosanan biasanya erat kaitannya dengan kegiatan yang monoton. Maka dari itu selain berpuasa, isilah waktu dengan perbanyak berdzikir, membaca Al Quran, memperbanyak sholat sunnah, membaca buku dan kegiatan positif lainnya.

4. Yakinkan diri bahwa bulan Ramadan hanya datang setahun sekali dan belum tentu kita bertemu lagi tahun depan. Karena tahun depan tidak pasti, anggap Ramadan ini sebagai yang terakhir. Sehingga Anda akan memanfaatkan waktu Anda dengan sebaik-baiknya di bulan suci yang penuh berkah ini .

Baca juga: keutamaan Malam Lailatul Qadar

Oleh: Echa Mayanti

Editor: Syuknura Maghfirah 

Sumber: Desi Aditia Ningrum. (2017, Juni 5) “Tips Melawan Rasa Bosan Berpuasa Sebulan Penuh”. Diakses dari Merdeka.com

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.