Breaking News
recent

Cara Mengatasi 5 Tantangan saat Puasa

Gambar : Annisa Mahasti
Zawiyah News | Langsa - Ketika kita berpuasa terdapat tantangan yang harus kita jalankan, tantangan selama berpuasa bukan hanya lapar dan haus saja.

Tubuh menghadapi rutinitas yang baru saat berpuasa. Selama 13-14 jam tidak mengonsumsi makan dan minum, berbagai organ tubuh dari mulut hingga usus ikut beradaptasi dengan pola makan dan minum yang berubah. Berkaitan dengan hal tersebut, ini beberapa tantangan selama berpuasa:

1. Lapar dan Haus

Tantangan selama berpuasa yang pertama adalah lapar dan haus. Keduanya menjadi efek yang paling terasa akibat tidak terpenuhinya asupan makanan dan minuman dalam waktu yang panjang. Lalu, salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan mengetahui apa penyebab lapar semakin terasa.

Penyebabnya bisa terjadi akibat aktivitas yang terlalu berat atau makan sahur yang kurang mengenyangkan. Setelah mengetahui alasannya, kamu bisa mencegah hal itu terjadi dengan menjauhi penyebabnya. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi, sehingga rasa lapar dan haus tak lagi terasa.

2. Mudah Lelah

Tantangan selama berpuasa selanjutnya adalah mudah lelah. Kondisi tersebut umum dialami oleh orang yang menjalankan aktivitas dan pekerjaan berat selama berpuasa. Rasa lelah yang dialami disebabkan oleh tidak ada asupan gizi sebagai pengganti energi yang dikeluarkan tubuh.

Untuk mengatasinya, jangan pernah melewatkan makan sahur, tidur siang selama beberapa menit, tetap penuhi asupan cairan tubuh, dan hindari paparan sinar matahari berlebihan. Kamu juga disarankan untuk tetap melakukan pekerjaan sehari-hari dalam intensitas ringan hingga sedang.

Baca juga :  8 Jenis Buah-buahan yang Baik saat Sahur

3. Kehilangan Fokus

Kehilangan fokus jadi tantangan selama berpuasa selanjutnya. Kondisi tersebut terjadi akibat kurangnya waktu tidur selama berpuasa. Padahal, jumlah waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa berusia 18-60 tahun adalah 7 jam atau lebih dalam semalam. 

Untuk mencegah kehilangan fokus saat berpuasa, kamu disarankan untuk menjaga pola tidur. Di samping itu, cobalah hindari asupan minuman berkafein saat sahur, mematikan semua perangkat elektronik satu jam sebelum tidur, meluangkan waktu untuk melakukan me time, dan menjaga suhu kamar tetap sejuk.

Baca juga : 4 Tips Menjaga Fokus saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

4. Bibir Kering dan Masalah Kulit

Bibir kering dan masalah kulit menjadi tantangan lain selama berpuasa. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan cairan yang diperlukan. Pada beberapa orang, mereka juga akan mengalami kulit kering dan kusam. Untuk mencegah kedua kondisi tersebut, sebaiknya penuhi asupan cairan tubuh.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi asupan vitamin dan serat yang baik untuk kulit. Jenis makanan ini bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Kamu juga bisa mengoleskan pelembap bibir dan losiun beberapa kali sehari dan sebelum tidur.

5. Mengantuk

Tantangan selama berpuasa yang terakhir adalah mengantuk. Wajar saja, karena tubuh akan kekurangan waktu tidur dan bangun lebih awal dari biasanya untuk melaksanakan sahur. Untuk mencegah kantuk di siang hari, kamu bisa tidur siang selama beberapa menit.

Jangan terlalu lama karena tidur terlalu lama justru akan membuat badan kamu menjadi lemas. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidur lebih cepat di malam hari. Usahakan untuk membuat ruangan senyaman mungkin agar kamu lebih cepat terlelap.

Baca juga : Solusi Membaca Buku saat Puasa Agar Tidak Ngantuk

Oleh : Annisa Mahasti

Editor : M. Iqbal

Sumber : (2022, April 13). “5 Tantangan Selama Puasa dan Cara Mengatasinya”. Diakses dari www.halodoc.com

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.