Breaking News
recent

Kamu Ingin Khatam Al-quran Mulai Diantara Pertengahan Ramadhan, Ini Caranya

(Foto : Pxfuel
Bulan Ramadahan adalah bulan penuh dengan keberkahan. Dimana setiap amalan yang kita kerjakan pada bulan ini, balasan dan pahala yang diberikan lebih besar dan berlipat ganda daripada bulan yang lain, walaupun itu hanya membaca satu huruf Al-qur’an.

Tak rela melewatkan kesempatan ini begitu saja, lantas kita juga ingin khatam Al-quran, walaupun keinginan itu muncul diantara pertengahan Ramadhan. Hal ini bukan suatu masalah, kita masih bisa khatam Al-quran dengan 5 cara berikut ini.

Baca juga : Solusi Membca Buku saat Puasa Agar Tidak Ngantuk

1. Selaraskan Dulu Target dengan Kemampuan

Bagaimana kemampuan membaca Al-qur’an kita? Dengan kemampuan standar kita bisa menyelesaikan bacaan Al-qur’an 2 Lembar dalam 5 sampai 7 menit saja. Berbeda dengan kamampuan kita yang masih terbata-bata, mungkin kita bisa menyelesaikannya lebih lama.

Jika merasa kemampuan bacaan Al-qur’an kita lebih lama dari kemampuan standar maka kita mesti bersungguh-sungguh dan yakin untuk dapat menyelesaikannya sebelum lebaran, dengan tetap memerhatikan tajwid serta bacaan-bacaannya.

2. Baca Pada Waktu Sahur Menjelang Subuh dan Magrib Menjelang Isya

Setelah menyantap sahur biasanya orang akan menunggu subuh dengan tidur atau bermain smartphone, maka kita bisa memanfaatkan waktu itu untuk membaca Al-qur’an. Untuk memberikan lebih banyak waktu saat membaca, usahakan santaplah sahur minimal satu jam sebelum masuk waktu subuh kemudian kamu bisa membaca Al-qur’an hingga beberapa lembar.

Hal yang sama juga harus kamu lakukan pada waktu antara magrib dan isya. Jangan biarkan waktu ini untuk aktivitas yang tidak penting. Bila perlu pada waktu ini, sediakan minuman untuk menangkal dahaga saat membaca Al-quran.

3. Baca 3 Lembar Sebelum dan Sesudah Shalat Fardu

Sebelum melaksanakan shalat lima waktu, usahakan untuk membaca Al-qur’an 3 lembar, begitu juga sesudahnya. Cara ini lebih ringan dilakukan dibandingkan dengan membaca 30 lembar sekaligus dalam sehari.

Membaca Al-qur’an 3 lembar setelah dan sesudah shalat fardu bisa membantu kamu lebih cepat dalam menyelesaikan keinginanmu yaitu mengkhatam Al-qur’an. Ini dapat kita jadikan sebagai target harian dan paksalah untuk tetap konsisten khususnya pada 7 hari pertama.

Baca juga : 4 Tips Menjaga Fokus saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

4. Jangan Hanya Membaca Al-qur’an setelah Shalat, Tapi Bacalah Setiap Kamu Ingat dan Sempat

Selain membaca sebelum dan setelah shalat fardu, untuk bisa khatam Al-qur’an kamu juga harus membaca Al-qur’an setiap kamu ingat dan sempat. Apabila kamu ingat ditengah jeda suatu pekerjaan atau dalam perjalanan. Sebagai solusi, kamu sebelumnya dapat membawa Al-qur’an kecil atau download saja Al-qur’an di smartphone kamu.

5. Menerapkan reward dan punishment

Mengkhatam Al-qur’an adalah komitmen yang kita buat dengan diri kita sendiri. Dimana kita harus membacanya setiap hari sesuai dengan target agar tercapai keinginan khatam Al-qur’an sejak pertengahan Ramadhan. Jika ada hal lain dalam hari itu yang sanggat tidak bisa untuk ditinggalkan, boleh saja kita memberikan punishment bagi diri kita.

Misalnya jika di hari itu tidak memenuhi target maka akan dianggap sebagai hutang dan kita harus membayar di hari berikutnya. Begitu juga jika kamu berhasil memenuhi target dalam hari itu, maka kamu boleh memberikan hadiah kecil kepada dirimu sendiri seperti berbuka dengan makanan yang enak. 

Baca juga : Pernah Mengalami Kondisi Air Liur Berlebihan saat Puasa? Yuk Kenali Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Itulah kombinasi 5 tips mengkhatam Al-qur’an yang dimulai diantara pertengahan Ramadhan. Selain itu jika kamu ngantuk tapi masih tetap ingin melanjutkan membaca Al-qur’an, maka sesekali gerakkanlah tubuhmu, bila perlu segera cuci muka atau mandi. Terakhir, jangan lupa tandai ayat pungkasan yang kamu baca.

Oleh : M. Iqbal

Editor : Syuknura Maghfirah

Sumber : https://www.hipwee.com/tips/tips-mengkhatamkan-alquran-sebulan-lebih-dari-satu-kali-mumpung-ramadhan-masih-baru-dimulai/

https://www.kompas.tv/article/277872/simak-ini-cara-mudah-bisa-khatam-al-qur-an-2-kali-di-bulan-ramadan

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.