Breaking News
recent

Keutamaan 10 Hari Pertengahan Ramadhan

Doc. Marlinda
Tidak terasa 10 hari puasa Ramadan sudah berlalu, sekarang sudah masuk pertengahan puasa dimana banyak nya keutamaan yang ada di 10 hari pertengahan puasa.

Mengutip NU Online, 10 hari kedua bulan Ramadan adalah masa penuh ampunan dari Tuhan. Sedangkan 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah masa penuh rahmat, dan 10 hari terakhir adalah bebas dari api neraka.

"Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka," 

Hadis di atas diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syuabul Iman dan diriwayatkan oleh Ibn Khuzaimah dalam Sahih ibn Khuzaimah. 

Berikut ini keutamaan-keutamaan pertengahan puasa Ramadhan 

Baca juga : 5 Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

1. Diberi Kemudahan Dunia dan Akhirat

Pada pertengahan puasa Ramadan umat Islam Diberi Kemudahan Dunia dan Akhirat sebagaimana yang tercantum didalam surat Al-Baqarah ayat 184 yang artinya  

"(Pada) hari-hari yang tertentu. Barang siapa yang sakit atau safar, maka mengganti di hari lain. Bagi orang yang mampu, maka ia membayar fidyah memberi makan orang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (membayar kelebihan), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Bagi orang yang ikhlas akan mudah menjalankan ibadah puasa Ramadan di 10 hari kedua, tetapi bagi orang yang berhalangan dapat di ganti pada hari lainnya. Dan akan tetap sama pahalanya seperti dibulan ramadhan 

2. Pahalanya Besar untuk yang Menjalankan

Keutamaan lain yang bisa didapatkan yaitu pahala yang besar untuk yang menjalankannya dipetengahan puasa Ramadan sebagaimana yang terdapat di dalam QS Al-Baqarah ayat 183

 "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa."

Rasul, sahabat-sahabat dan seluruh umat mukmin terdahulu, telah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Oleh karena itu orang menjalankan puasa Ramadhan mendapatkan pahala besar karena telah mengikuti teladan Rasulullah.

Baca juga : Solusi Membaca Buku saat Puasa agar Tidak Ngantuk

3. Mencegah maksiat 

Ibadah di 10 hari kedua Ramadan menjadi jalan untuk mencegah maksiat karena banyak berbuat kebaikan 

"Setiap perintah dalam Al-Qur’an pasti mengandung kebaikan, kemaslahatan, keberuntungan, manfaat, keindahan serta keberkahan. Sedangkan setiap larangan dalam Alquran pasti mengandung kerugian, kebinasaan, kehancuran, keburukan,"(disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir (1/200).

Jelas Allah memeritahkan ibadah puasa di bulan ramadhan bagi yang mampu dengan mencapai keutamaan ini. Banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadan, seperti bersedekah, membaca Al-qur'an, zikir, salat sunah tahajud, dhuha, terawih dan witir, hingga memperbanyak doa.

Oleh : Marlinda

Editor : Syuknura Maghfirah

Sumber: https://www.merdeka.com/jabar/keutamaan-10-hari-kedua-bulan-ramadan-berikut-amalan-yang-dianjurkan-kln.html

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.