Breaking News
recent

Meninggal saat di Tanah Suci

Foto: (Istimewa) 
Zawiyah News| Jatim - Kabar duka datang dari jemaah haji asal Kabupaten Blitar. Setelah dilaporkan hilang selama 9 hari, dia ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Mina.

Menurut keterangan Korlap Panitia Penyelenggaraan Haji Kabupaten Blitar 2023, Khayatul Mahki, jemaah yang meninggal atas nama Saiin Sulistyowati Muhtarom. Berusia 63 tahun, warga Desa Cerme Kecamatan Sanankulon.

”Kami tadi pagi mendapat laporan dari Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), bahwa ada jemaah kloter 12 asal Kabupaten Blitar bernama Saiin Sulistyowati ditemukan meninggal,” kata Mahki. 

78 Jemaah Haji Asal Jatim Meninggal di Tanah Suci, Saiin dan suaminya terbang melalui Embarkasi Juanda bersama rombongan dari Kloter 12. Ketika mabit di Mina usai melempar jumroh pertama, Saiin berpamitan kepada rekan satu rombongan pergi mencuci baju. Namun setelah itu, Saiin tidak kembali ke tendanya.

Mabit di Muzdalifah Mina ini dilakukan setelah jemaah melakukan wukuf di Arafah. ”Jadi pas mabit di Mina, Bu Saiin pamit mau nyuci. Tapi tidak balik lagi ke tendanya. Suaminya bersama petugas pendamping kemudian keliling mencari, namun tidak ditemukan. Setelah ditunggu sampai satu hari, rombongan kloter 12 kembali ke Makkah. Namun pencarian Bu Saiin tetap dilakukan petugas menyisir beberapa rumah sakit di Mina,” ungkapnya.

Dari rekam medisnya, Saiin sebelumnya diketahui memiliki riwayat pernah mengalami kecelakaan jauh hari sebelum menunaikan ibadah haji. Namun kondisinya menjadi mudah bingung saat kelelahan.

Sebenarnya, lanjut Mahki, Saiin sempat diperingatkan agar tidak pergi mencuci. Walaupun jarak tempat mencuci hanya sekitar 200 meter dari tenda, namun kondisi tenda di Mina krodit saat puncak musim haji. Apalagi warna tenda putih semua, diduga Saiin kebingungan ketika akan kembali menuju tenda rombongannya.

Hari ini, petugas haji kloter 12 mendapatkan informasi ada jenazah atas nama Saiin Sulistyowati asal Kabupaten Blitar di RSAS. Suami didampingi petugas kemudian memastikan apakah jenazah tersebut betul sesuai dengan identitas Saiin. Dan pengakuan sang suami, benar jika jasad itu adalah jenazah istrinya. ”Almarhumah dimakamkan Kamis 6 Juli 2023 siang waktu Arab Saudi usai salat Dhuhur," pungkasnya.

Sumber: detikjatim


Oleh: Sukma Irawan (Mahasiswa) 

Editor: M. Iqbal


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.