Breaking News
recent

Musim Durian Tiba, Warga Paya Tampah Panen Cuan

Durian hasil panen salah satu warga di desa Paya Tampah Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Foto: (Erika Maharani) 
Zawiyah News | Aceh Tamiang - Panen durian tiba, warga Desa Paya Tampah, Karang Baru, Aceh Tamiang raup keuntungan dari hasil jual durian, Kamis (20/7/23).

Durian di desa Paya Tampah, kini mulai di distribusikan kepada pengepul durian yang berkeliling setiap harinya, untuk di jual kembali ke sejumlah pasar di Aceh Tamiang.

Dani Setiawan (19) seorang petani durian di Desa Paya Tampah, mengatakan Harga buah durian yang dijual kepada pengepul bervariasi, tergantung dengan ukuran besar kecilnya buah durian. Harga durian berkisaran mulai dari Rp 8.000, Rp 10.000, Rp 15.000, hingga Rp 20.000 per buah.

“Kalau durian yang di jual ke agen (pengepul) terbilang murah, tergantung ukuran duriannya, kalo kecil Rp 8.000 - Rp 10.000 kalau sedang hingga besar bisa Rp 15.000 - Rp 20.000. Harga segitu karena memang sekarang lagi banjir durian di mana-mana terutama di pasaran,” tutur Dani Setiawan. 

Dani juga mengaku dalam sehari Ia bisa mengumpulkan sebanyak 30 buah dari 5 pohon durian.

“Alhamdulillah sekarang sudah mulai deras jatuh duriannya, sehari bisa sampai 30 buah, itu dari 5 pohon durian,” tuturnya.

Manfaat

Buah yang di juluki king of fruit atau raja buah ini, selain memiliki rasa yang khas juga menyimpan berbagai manfaat, salah satunya adalah kaya akan nutrisi, seperti kalium, serat, zat besi, vitamin C dan vitamin B kompleks serta sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah.

Selain di konsumsi langsung, durian juga kerap di jadikan olahan makanan, seperti bubur durian yang di masak dengan santan dan gula. Biasanya dimakan dengan pulut dan ada juga durian yang di makan dengan lemang (makanan khas suku Minang).

Oleh: Erika Maharani

Editor: Syuknura Maghfirah

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.