Breaking News
recent

ODGJ Banyak Berkeliaran di Kota Langsa

  Foto: (Istimewa) 
Orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), atau disebut orang gila (psikotik) di wilayah Kota Langsa, Aceh, belakangan ini semakin banyak berkeliaran di berbagai sudut persimpangan jalan dan sangat mudah ditemukan di berbagai hamparan toko.

Berbagai tingkah ODGJ seperti tertawa sendiri, berteriak, mengoceh dengan kata yang tidak jelas hingga ada yang duduk terdiam dengan tatapan kosong serta penampilan yang kucel, rambut yang gimbal, menghiasin jalan di wilayah Kota Langsa. Bahkan ada yang mengganggu dan merusak fasilitas umum mencabut tanaman dan menyerakkan sampah di jalan.

Terkait fenomena ini, seharusnya ada penanganan yang dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) yang menertibkan ODGJ yang banyak berkeliaran di Kota Langsa yang saat ini dijuluki kota wisata. Terutama mereka yang suka membuat onar. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan bagi masayarakat Kota Langsa.

Seorang ODGJ yang berkeliaran di Kota Langsa tepatnya di pasar Kota Langsa, penampakan ODGJ tersebut terekam tidak menggunakan baju dan berkeliaran di pasar, dan mengganggu orang yang berbelanja. 

”Semakin hari orang gila meresahkan di pajak, makin banyak berkeliaran, kadang orang gila ini mengganggu orang yang belanja, kadang ada yang gak pakai baju, bahkan sampai nampak kemaluannya,’’ ujar salah satu warga yang berbelanja di pasar, Selasa (4/7).

Ia dan warga lainnya berharap kepada Dinsos yang berwenang agar segara menertibkan ODGJ tersebut, agar tidak dikhawatirkan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

Warga juga berharap kepada dinas terkait harus bekerja sama guna mengatasi gejala sosial yang timbul di masyarakat, salah satunya banyaknya ODGJ yang berkeliaran di tempat-tempat umum dan meresahkan masyarakat.

Oleh: Nur Ilmi Fitria (Mahasiswa) 

Editor: Syuknura Maghfirah

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.