Breaking News
recent

Hari Kedua, UKM Silat Rampoe Gelar Kejuaraan Pencak Silar Rektor Cup 2023

Momen saat pertandingan silat sedang berlangsung. Doc: (Zawiyah News/Erika Maharani).
Langsa, Zawiyah News - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Silat Rampoe adakan kegiatan kejuaraan pencak silat antar perguruan dan universitas se-Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur.

Kejuaraan pencak silat ini dilaksanakan pada 6 hingga 10 November mendatang di Aula Seuramoe Teuhah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, dengan mengangkat tema "Harmoni Budaya dalam Gerakan : Menggabungkan Tradisi dan Inovasi". Selasa, (7/11/2023).

Hari ke dua, tercatat sekitar 20-30 partai pertandingan telah bertanding di arena gelangga silat.

Dalam pertandingan pencak silat kategori tanding, dua orang pesilat akan saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan.

Pencak silat kategori tanding dibagi menjadi lima kelas berdasarkan berat badan yaitu putra dewasa dari kelas A (45-50 kg), kelas B (50-55 kg) kelas C (55-60 kg), kelas D (60-65 kg), dan kelas E (65-70 kg).

Adapun lamanya pertandingan pencak silat ditentukan dengan babak. Jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah tiga babak untuk usia remaja dan dewasa.

Lama pertandingan pencak silat untuk satu babak adalah dua menit dengan jeda istirahat antar babak selama satu menit.

Sementara itu, untuk usia dini dan pra-remaja, pertandingan pencak silat dilangsungkan dalam dua babak. Setiap babak berdurasi satu setengah menit, dengan jeda rehat antar babak selama satu menit.

Acara yang diadakan UKM Pencak Silat Rampoe ini diikuti oleh perguruan dan universitas yang ada pada kota Langsa, Aceh Tamiang, serta Aceh Timur. Terdapat 86 atlet yang terdiri dari 57 putra dan juga 29 putri.

Terdapat 19 kontingen yang ikut hadir dalam mengikuti kejuaraan pencak silat, terdiri dari 4 universitas yaitu IAIN Langsa (2 tim), Universitas Samudera, Universitas Sains Cut Nyak Dhien, dan Universitas Almuslim dari Bireun.

Dan juga 15 perguruan yaitu 8 Perguruan Aceh Tamiang, 2 Perguruan Kota Langsa dan 4 Perguruan Aceh Timur. 

Acara ini juga dihadiri oleh Komite Olahraga Nasional (Koni) kota Langsa  Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Langsa, IPSI Aceh Tamiang, IPSI Aceh Timur, Rektor IAIN Langsa, Wakil Rektor 3 bidang Akademik dan Kemahasiwaan (Akama) IAIN Langsa, dan lain-lain.

Muhammad Rifal selaku Ketua Umum UKM Silat Rampoe, mengatakan tujuan dari adanya kegiatan kejuaraan pencak silat ini sebagai saluran bakat serta melatih fisik dengan menjunjung tinggi sportivitas dalam pecak silat ini. 

“Dari Abang tujuan dalam adanya kegiatan kejuaraan pencak silat untuk menyalurkan bakat serta melatih fisik yang kuat dengan menjunjung tinggi sportivitas ,dan menambahkan pengalaman bagi seorang pesilat,” ujar Rifal.

Rifal harapan dalam adanya kegiatan kejuaraan pencak silat ini untuk seluruh atlit rampoe, agar para atlit merasakan atmosfer gelanggang dan juga untuk penambahan jam terbang.

“Harapan saya agar kejuaraan pencak silat ini, kalau untuk atlit rampoe agar para atlit merasakan atmosfer gelanggang, dan juga untuk menambahkan jam terbang,” tambah Rifal. 

Oleh: Annisa Mahasti, Angriea Ilfa Nanda Sari. 

Editor: Erika Maharani.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.