Breaking News
recent

Mahasiswa KKN Sidodadi Cegah Stunting Dengan Olahan Daun Kelor.

Foto bersama ibu-ibu Desa Sidodadi (Doc. Istimewa)
Oleh: Gita Lianda
Langsa - Mahasiswa IAIN Langsa melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Tahun 2023 pada Senin, (6/11/2023). Dengan mengusung tema, "Program Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat." Dalam hal ini IAIN Langsa bekerjasama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh.

Dalam menjalankan program kerja, khususnya Mahasiswa KKN yang berada di lokasi Desa Sidodadi Kecamatan Langsa Lama, memilih daun kelor sebagai primadona untuk pengolahan makanan yang akan diberikan kepada anak-anak balita.

Mahasiswa KKN Desa Sidodadi terdiri dari 10 orang yang berasal dari Fakultas yang berbeda-beda, antara lain Rianto (Syariah), Rahiman Effendi (Syariah), Zaid Al Asyi (Syariah), Indah Sari (FUAD), Gita Lianda (FUAD), Isna Nabilah (FUAD), Sela Hermayana (FTIK), Tata Alfajanur (FTIK), Putri Mauliza (FEBI), Wanda Nur Fadillah (FEBI).

Mereka memilih bahan tersebut karena seperti yang diketahui bahwasannya daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pencegahan stunting.

"Daun kelornya kami olah menjadi puding sehingga anak-anak kecil bisa memakannya karena teksturnya lembut, dan juga kami menambahkan fla diatasnya, fla sendiri terbuat dari susu sapi tanpa menggunakan susu kental manis,” tutur Rianto selaku Ketua KKN Desa Sidodadi.

Pada saat kegiatan Posyandu berlangsung, Ahamdulillah banyak anak-anak yang menyukai puding daun kelor buatan kami.

Selain membagikan puding kepada balita yang hadir di Posyandu, kami juga melakukan penyuluhan terhadap para orangtua balita terkait dengan pengertian stunting, dampak dari stunting, dan juga bagaimana cara pencegahannya.

Dalam hal ini, kami juga sekaligus menjelaskan betapa baiknya daun kelor untuk proses pencegahan anak stunting.

"Seperti yang kita ketahui, daun kelor sendiri ternyata kandungan nutrisinya sangat luar biasa, bahkan jika dibandingkan dengan bayam, zat besi yang terkandung didalamnya lebih banyak, kemudian jika dibandingkan dengan wortel, vitamin A yang terkandung di daun kelor juga lebih kaya. Dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah dicari, kita sudah bisa menghasilkan makanan yang bergizi untuk buah hati kita,” jelas Indah selaku Mahasiswa KKN saat melakukan penyuluhan.

Kami para Mahasiswa KKN di Desa Sidodadi berharap, dengan adanya keberadaan kami di Desa ini, bisa membawa perubahan yang baik khususnya dalam hal pencegahan stunting.

Kami juga akan lebih semangat lagi dalam meluncurkan program-program kami yang harapan besarnya bisa menurunkan presentase angka stunting terkhusus di Desa Sidodadi Kecamatan Langsa Lama.

Editor: M. Iqbal
Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.