Breaking News
recent

Pelatihan Baca Qur'an Metoda Al-Hira', Dua Dosen UINSU Jadi Pemateri

Salah seorang peserta mempraktikkan hasil pemaparan dari pemateri di Aula Barat pada Selasa (28/11). 
Oleh: Jenaika Eka Putri, Salsabila Difa

Langsa, Zawiyah News - Organisasi Mahasiwa (Ormawa) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) menggelar Pelatihan Metode Al-Hira’ Mahir Baca Qur’an 24 Jam untuk mahasiswa.

Pelatihan Metode Al-Hira' ini dilaksanakan pada Selasa (28/11) di Aula Barat Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Rabu, (29/11/2023).

Ketua Panitia Muhammad Fauzan menyampaikan tujuan diselenggarakan palatihan metode al-hira' ini untuk memperlancar bacaan Al-Quran mahasiswa FUAD IAIN Langsa.

“Harapan dan tujuannya agar masiswa di FUAD dapat lancar membaca Al-Qur’an, dengan tujuannya yaitu satu taqarrub billah,” ujar Fauzan.

Pelatihan yang dihadiri 90 peserta dari berbagai jurusan di FUAD ini di isi oleh dua pemateri Muhammad Roihan Nasution dan Muhammad Nuh Siregar yang keduanya merupakan dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Pelatihan ini di adakan oleh Ormawa yang ada di FUAD, yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), HMJ Ilmu Hadis (IH), HMJ Bimbingan Konseling Islam (BKI).

Selain itu Lembaga Pelatihan Qur’an dan Hadis (LPQH) juga ikut berpartisipasi dalam Pelatihan Metode Al-Hira'.

Materi pertama disampaikan oleh Muhammad Roihan Nasution membahas mengenai cara membaca huruf yang mulanya dengan mengajarkan baris yaitu fatah, kasrah dan dhammah.

Cara tersebut di lakukan dengan mengejakan huruf kepada peserta yang kemudian diikuti dan diulang-ulang beberapa kali.

Sedangkan materi yang disampaikan Muhammad Nuh Siregar salah satunya membahas mengenai ketukan saat membaca Al-Qur’an harus sesuai dengan kaidah harakat yang telah ada.

Kegiatan yang di buka Dekan FUAD Mawardi Siregar ini dihadiri oleh Mawardi sebagai Wakil Dekan I, Anwar selaku Ketua Prodi (Kaprodi) IAT, Mulizar selaku kaprodi IH, Zulkarnain selaku kaprodi KPI, Marimbun selaku kaprodi BKI dan Marhaban selaku dosen Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Editor: Erika Maharani

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.