Breaking News
recent

Lancarkan Misi, Ini Yang di Laksanakan Mahasiswa KPM IAIN Langsa

Zawiyahnews | Langsa — Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa sudah melangsungkan Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sejak tanggal 16 Oktober, melirik beragam program yang di lakukan Mahasiswa sebagai wujud kontribusi mahasiswa kepada masyarakat.

Arif Muammar Supervisor KPM Gampong Buket Pulo bersama Dr. Fahmi Arauf Nasution MA supervisor KPM Gampong Alur Pinang Timur melakukan monitoring dan evaluasi kinerja mahasiswa IAIN Langsa yang sedang melakukan ragam aktivitas pada Rabu (15/11/2018).

Seperti halnya sekolompok mahasiswa yang di tempatkan di Gampong Buket Pulo, kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, saat di pantau oleh supervisornya, sekelompok mahasiswa tengah melaksanakan kegiatan rutinitas, yakni les privat  kepada pelajar dan santri di Gampong setempat.

"Alhamdulillah kita sudah dua kali di di jenguk oleh Supervisor KPM gampong Buket Pulo, bapak Arif Muamar, dalam kunjungannya kami menyampaikan beragam program yang telah terselesaikan selama KPM, di mana kami memfungsikan diri sebagai Agent of Change yakni Agen Perubahan, Agent of Control sebagai sosial kontrol dan Agent of Civilization atau Agen peradaban," ujar Irwansyah ketua kelompok KPM Gampong Buket Pulo.


Kegiatan lainnya juga di laksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud kontribusi sebagaimana Misi KPM IAIN Langsa. Seperti halnya Misi Akademik, : Memadukan berbagai disiplin ilmu secara multi disipliner yang berkembang oleh IAIN Langsa. Misi sosial : Pemberdayaan potensi masyarakat kearah perubahan sosial, kemandirian dan pembahasan dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan. Misi Syari'at : mengimplementasikan syariat Islam secara kaffah dan kehidupan masyarakat.

"Kegiatan kita, juga mengikuti misi dari KPM IAIN Langsa, melaksanakan kegiatan Misi Akademik seperti halnya kegitan, lest privat bahasa Arab, bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS," ujarnya.

Tak hanya itu, Mahasiswa KPM IAIN Langsa juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan menumbuhkan semangat gotong royong dalam berbagai bidang, baik dari sektor pendidikan, perekonomian dan keagamaan.

"Alhamdulillah, masyarakat kita amat kompak dan memiliki rasa peduli terhadap lingkungan, sepertinya dalam bercocok tanam, hingga melaksanakan kegiatan pengajian pada malam Rabu, Kamis, Jum'at dan Minggu," tambahnya.

Sementara itu Mahasiswa KPM IAIN Langsa di Gampong Alur Pinang Timur juga telah melaksanakan ragam kegiatan, baik dalam bidang Pendidikan, Perekonomian dan sosial masyarakat.

"Sejauh ini kita telah melakukan praktik ilmu pengetahuan dan fungsi kita sebagai mahasiswa Pendidikan, melaksanakan kegiatan pengajian, lest dan kegitan Bakti Sosial Gotong Royong mewujudkan Langsa bersih dan sehat," demikian katanya Annisa Simbolon.[•]
Irwansyah

Irwansyah

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.