Breaking News
recent

Peran Kaum Milenial Dalam Upaya Membangun Negeri


Ilustrasi : Google

Essay- Dunia saat ini sudah telah memasuki era milineal, di mana  era ini disebut sebagai masa di mana teknologi berkembang begitu pesat dan menjadi sebuah gaya hidup bagi para generasi yang ada. Di era ini dengan segala kecanggihan teknologi, tingkat persaingan juga semakin tinggi sehingga menuntut kualitas dan kuantitas manusia harus meningkat pula. Pemuda harus mampu beradaptasi dengan cepat, belajar, dan menjadi lebih baik serta melakukan arah yang tepat agar dapat memecahkan setiap masalah. Sehingga saat ini pemuda merupakan agen perubahan (agent of change)  yang diharapkan dapat membuat perubahan yang baik kedepannya.

Perubahan sosial erat kaitannya dengan pembangunan baik individu maupun kelompok. Hal ini sejalan dengan peran pemuda sebagai agent of change masa depan bangsa menuju perubahan, pembangunan, dan kemajuan peradapan. Perbedaan yang menjadi ciri khas pemuda di era milenial dengan pemuda sebelumnya adalah perkembangan teknologi sekarang ini yang telah menjadikan para pemuda milenial masuk dalam dunia digital.

Remaja merupakan kaum muda yang memiliki peran signifikan dalam membangun negeri. Perilaku generasi milenial yang sesuai dengan zamannya tetap dituntut memiliki beberapa peran penting sebagai berikut dalam posisi mereka sebagai kaum muda, antara lain yaitu agent of change. Terkait dengan hal tersebut, remaja dituntut untuk mampu menggunakan dan memanfaatkan setiap teknologi yang tersedia untuk kebutuhan sosial dan kehidupannya, khususnya remaja yang ada di Kota Langsa.

 

Kota Langsa merupakan salah satu kota di provinsi aceh yang memiliki 5 Kecamatan dan 51 Gampong, salah satunya yaitu Gampong Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota. Gampong Tualang Teungoh adalah salah satu Gampong yang berada di wilayah Kecamatan Langsa Kota yang bersebelahan Timur dengan Gampong P.B.Blang Paseh, Barat dengan Gampong P.B.Tunong, Selatan dengan Gampong P.B.Blang Paseh, Utara dengan Gampong Matang Seulimeng.

 

Gampong Tualang Teungoh memiliki banyak pemuda yang mempunyai kreativitas dan inovasi yang bagus serta diharapkan dapat membawa perubahan dan perkembangan gampong ke arah yang lebih baik lagi. Pemuda di gampong tersebut juga memiliki perkumpulan remaja masjid yang sengaja dibentuk agar dapat bersosialisasi dengan baik antara individu dengan individu lainnya. Perkumpulan tersebut juga bertujuan untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang luas terkait upaya dalam membangun negeri. Wawasan dan pengetahuan tersebut bisa mereka dapatkan melalui kunjungan ke wilayah lain dan melihat serta menerapkan hal-hal baik yang ada di wilayah tersebut ke gampong mereka.

Banyak upaya yang dapat dilakukan oleh kaum milenial dalam membangun negeri, yaitu:

1.      Menemukan relasi dan menjalin hubungan baik,

2.      Memanfaatkan internet menjadi peluang bisnis,

3.      Dapat mengelola keuangan dengan baik,

4.      Mulai belajar pengalaman baru,

5.      Dapat berkembang di dalam segala situasi.

Dengan kelima upaya di atas, kaum milenial dapat menjadi agent of change yang memiliki wawasan luas tentang perubahan dan siklus yang ada di era globalisasi saat ini. Mereka bisa mengajak dan mengajarkan para kaum milenial lainnya yang belum berkembang. Tujuan dari semua ini adalah untuk perkembangan dan kemajuan masyarakat di masa yang akan datang.

Beberapa kaum milenial yakni mahasiswa memberikan pendapat yang bersifat relatif terkait upaya milenial dalam membangun negeri. Salah satunya adalah Raihan, salah satu mahasiswa dari salah satu universitas yang ada di Kota Langsa. Ia mengatakan, “Sebenarnya upaya tersebut dalam dilakukan mulai dari diri sendiri. Kita harus bisa berpikir optimis pada diri sendiri bahwa kita dapat melakukan perubahan baik demi kemajuan bersama. Jika kita sendiri sudah optimis, maka mudah bagi kita untuk melakukan upaya lainnya terkait dalam hal kaum milenial membangun negeri. Namun jika kita saja tidak optimis dan percaya pada diri sendiri, bagaimana kita mampu mengajak orang lain? Maka dari itu kita sebagai kaum milenial, ayo bangkit dan percaya bahwa kita dapat menjadi agen perubahan dalam membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang”.

 

Pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa, dalam melakukan sebuah upaya maka dapat dimulai dari diri sendiri karena diri sendiri adalah kunci dari kemajuan dan perkembangan seorang individu. Individu harus bisa optimis dan percaya pada diri sendiri bahwa ia dapat melakukan upaya-upaya dalam membangun negeri. Jika individu telah melakukan hal tersebut, maka mudah baginya untuk dapat mengajak kaum individu maupun kelompok lainnya agar mau untuk melakukan upaya-upaya terkait dalam hal membangun negeri untuk masa yang akan datang.

 

Kaum milenial khususnya remaja yang ada di Gampong Tualang Teungoh sebagai bagian penting dari upaya membangun negeri. Mereka dapat melakukan hal positif apa saja yang dibutuhkan dalam hal tersebut. Besar harapan masyarakat pada kaum milenial untuk dapat memajukan dan memberikan perubahan dalam negeri ini.

Upaya lain yang telah dilakukan oleh remaja di Gampong Tualang Teungoh adalah:

Sosialisasi pengetahuan masyarakat di era gobalisasi serta santunan anak yatim,

1.      Melakukan gotong royong bersama masyarakat Gampong Tualang Teungoh,

2.      Minggu sehat yang diadakan oleh masyarakat Gampong Tualang Teungoh dan dibantu oleh pemuda setempat.

Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap bulan demi mengajak remaja dan masyarakat lainnya agar mau ikut serta dalam upaya membangun gampong dan membawa arahan positif versi kaum milenial. Mereka juga terus membuat rancangan kegiatan yang cocok untuk diterapkan di gampong tersebut. Hal ini diharapkan dapat terus dilakukan agar upaya-upaya kaum milenial dapat tersalurkan demi kemajuan dan perkembangan masyarakat gampong maupun negeri ini.

 

Namun pada masa pandemi sekarang ini, tak banyak yang dapat dilakukan oleh remaja dan masyarakat Gampong Tualang Teungoh untuk meneruskan upaya-upaya tersebut dikarenakan masyarakat harus menghindari sesuatu yang memicu kerumunan banyak orang. Akan tetapi remaja Gampong Tualang Teungoh tetap memunculkan ide-ide kreatif agar dapat menjadi bagian dari upaya mengembangkan dan membawa gampong ke arah yang lebih baik. Mereka pun tetap menjalankan sosialisasi kepada remaja-remaja lain yang tidak ikut dalam perkumpulan remaja masjid namun dengan jumlah orang yang terbatas dan sesuai dengan protokol kesehatan. Baru-baru ini juga mereka mengadakan isra mi’raj yang diadakan di Masjid Nurul Iman Tualang Teungoh dan dihadiri oleh masyarakat gampong serta remaja masjid lainnya yang ada di luar wilayah Gampong Tualang Teungoh. Acara yang diselenggarakan berjalan lancar dan penuh hikmat. Tidak lupa pula remaja masjid Gampong Tualang Teungoh dalam penyampaian kata sambutannya, juga mengajak para remaja lainnya untuk dapat menimbulkan ide-ide kreatif yang bisa disalurkan dan diterapkan demi kemajuan dan perkembangan gampong. Mereka juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini telah mendukung dan membantu dan mereka dalam membangun kemajuan dam perkembangan gampong. Mereka juga berharap meskipun hanya tinggal di perkampungan, namun tidak mematahkan semangat mereka dalam membangun negeri ini dan membawanya ke arah yang lebih baik. Perubahan pada saat ini harus dimulai dari hal-hal kecil dan generasi milenial yang ada dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi yang ada untuk hal-hal positif yang membawa dampak baik untuk kehidupan bermasyarakat.

Penulis : Riska Alyani Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.