Breaking News
recent

Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Tangkahan


Zawiyah News | Wisata tangkahan biasanya di kenal dengn julukan THE HIDDEN PARASIDE, karena mempunyai pemandangan atau Fenomena Alam yang diibaratkan seperti syurga. Bagi masyarakat disekitar Sumatra utara sudah tidak asing lagi dengan wisata Tangkahan dan sudah lama di kenal oleh turis mancanegara, terutama bagi mereka yang di luar Sumatra utara. Wisata tanghakahan yang terkenal dengan begitu banyak objek yang bisa di kunjungi seperti pemandian gajah liar dan sungai jernih yang terjaga akan kebersihannya. 

Alam yang ditawarkan oleh Desa tangkahan yang luar biasa surga di dunia nyata membuaat kita ingin berlama lama disana. Bukan warga lokal saja yang sering mengunjungi tangkahan namun juga dari warga asing atau turis turis yang berkunjung melihat pemandian yang luar biasa indahnya. 

Lokasi atau alamat wisata Tangkahan ini berada di desa sialang dan desa sei Serdang kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat Provinsi Sumatra Utara. Kekayaan alam yang luar biasa di mulai dari Tuhan yang hebat, Sungai, Air terjun, Air panas, Lemah Serta tumbuhan langka seperti raflesia. Namun akses untuk kesana sedikit terhalang karena jalan yang rusak dan lumayan jauh dari pusat kota medan. Jalan yang macet dan berlubang menjadi sebuah tantangan untuk kita pergi ke destinasi wisata tangkahan tersebut. 

Ekosistem tangkahan hadir di kawasan taman Nasional Gunung leuser yang terletak di kabupaten langkat. Tangkahan mulai ramai di kunjungi karena fenomena alamnya yang begitu indah untuk di lihat dan kesegaran udara yang disuguhkan membuat siapa saja betah berlama – lama di tempat tersebut.

Hadirnya tempat wisata tangkahan sendiri membuat ekonomi warga setempat menanjak naik sehingga banyak lapangan pekerjaan yang tebuka karena usaha dari kegiatan wisata ini dibilang cukup besar dan dapat memajukan perkampungan dan juga memajukan masyarakatnya, karena banyak wisatawan asing datang dengan bahasa luar. 

Sehingga banyak masyarakat yang mau gak mau harus belajar bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Dengan menjadi pemandu atau rangger yang menjadi pekerjaan favorit dikalangan masyarakat yang dibilang lumayan penghasilan nya karena dibayar perjam dengan mata uang dolar.

Tangkahan memiliki tempat yang bagus untuk anak anak pencint alam seperti anak anak haiking atau anak indie yang mencari ketenangan di tempat tempat yang sunyi juga tinggi. Berkemah adalah salah satu kegemaran atau Hobi Favorit bagi para wisatawan di tempat ini. Berbagai Kegiatan yang dapat di lakukan di sini Seperti: Jungle trekking, river tubing, bermain di air terjun , bermain di air hangat, foto di jembatan gantung, memandikan gajah. 

Tangkahan juga termasuk kawasan yang daftar jenis burung terpanjang di dunia mencaoai 380 spesies serta 129 spesies mamalia, dengan itu pengunjung di beri kesempatan untuk mengamati berbagai jenis keanekaragaman hayati dan fauna yang ada di wisata tangkahan. topografi bukit dengan tebing cocok bagi wisatawan yang hobi dengan panjat tebing, mendaki gunung.

Hampir semua kegiatan wisata ada di sini, tetapi jarang di temukan wisatwan yang bisa ikut memaandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajahi hutan.

Pandemic datang awal Maret 2020 membuat semua kegiatan diluar rumah menjadi terhenti dan menjaga jarak. Ada nya pandemic ini membuat masyarakat yang bergantung mencari nafkah di tempat wisata tangkahan menjadi tutup dan nyaris gulung tikar. Banyak masyarakat yang mengeluh karena hadirnya pandemic ini karena mematikan usaha mereka dalam mecnari rezeki.

Setelah tahun ini kembali di longgarkannya pandemic ini sehingga dapat menjadi stabil lagi dalam kegiatan perekonomian mereka. Ada baiknya juga pandemic ini ada karena udara lebih segar sampah juga berkurang biasanya limbah dari wisata ini ialah sampah yang bertumpuk tumpuk. Sampah ini dihasilkan oleh pengunjung yang datang beramai ramai dengan sanak saudara. Walaupun adanya himbaun dalam selalu menjaga kebersehian namun tidak di hiraukan oleh para pengunjung itu sendiri.

Era yang baru membuat semangat kembali tumbuh dalam pembangunan ekowisata dan akan menuju kampung wisata menjadi awal kemajuan kampung tersebut sehingga banyak lapangan lapangan pekerjaan yang akan dibuka. Pembangunan pembangunan juga akan di mulai untuk mendongkrak minat wisatawan. Juga mengurangi penebangan liar yang awal nya menjadi mata pencarian masyarakat setempat. 

Dengan adanya percepatan dan juga kemajuan dalam destinasi wisata yang ada dilangkat ini maka akan memajukan kabupaten langkat sendiri karena kita tahu bahawasnya langkat banyak tempat tempat wisata yang sama bahkan tidak kala indahnya seperti tangkahan, seperti tongat pantai pama pantai florida dan masih banyak yang lainya.

Semoga dengan artikel ini banyak pembaca yang ingin berkunjung ke tempat wisata di langkat sampai jumpa disana. 


Penulis : Putri Rahayu, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.