Breaking News
recent

Inclusive Academic 2.0 Mengukuhkan Pentingnya Empati, Toleransi, dan Damai Bagi Generasi Muda

 

Penyampaian materi oleh Sarah Zulkarnaini dalam acara Inclusive Academic 2.0 di Aula Fakultas Syariah. Selasa, (14/03/2023).

Zawiyah News | Langsa - Inclusive Academic 2.0 diikuti oleh 30 peserta yang lulus seleksi, serta 3 pemateri yang dinilai menakjubkan.  Materi yang disajikan dalam Inclusive Academi 2.0 tentang 5 Rahasia Berdamai Dengan Diri endiri, The Power Of Confident For Empathy, dan Memaknai Empati dari Perspektif Islam. Selasa, (14/03/2023).

Diantara pemateri yang mengisi acara ini adalah Kepala Telkom Kota Langsa Abi Zumi, Business Leader Sarah Zulkarnaini, dan Dosen Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa M. Alwin Abdillah dengan berbagai materi  tentang empati, toleransi dan kedamaian.

Abi Zumi mengatakan berdamai dengan diri sendiri adalah hal yang cenderung sulit dilakukan oleh para pemuda saat ini karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui cara berdamai dengan diri sendiri. Menurut Abi Zumi ada 5 rahasia berdamai dengan diri sendiri, "Kenali diri sendiri, memiliki mimpi yang besar, perbaiki kekurangan dan tingkatkan kelebihan, bahagia tanpa tapi, serta stay positive" ujar Abi Zumi dalam kegiatan tersebut.

Selain berdamai dengan diri sendiri, menurut Abi Zumi seorang pemuda juga perlu berdamai dengan orang lain, maka dari itu diperlukannya rasa empati. Seperti yang dikatakan juga oleh Sarah Zulkarnaini, "Kita perlu menyadari bahwa setiap orang juga memiliki emosi," ujar Sarah Zulkarnaini.

Hal yang sama juga disampaikan M. Alwin Abdillah. Dia mengatakan didalam agama Islam pemuda juga diajarkan untuk memiliki rasa empati, "Semakin berkurangnya iman, maka semakin menurunnya rasa empati," ujar M. Alwin Abdillah.

Baca juga : Inclusive Academic 2.0 Menyeguhi Semangat Anak Muda

Kegiatan Inclusive Academic 2.0 ini diarahkan kepada generasi muda, dengan tujuan agar mereka sadar akan pentingnya berdamai dengan diri sendiri dan pentingnya empati dalam kehidupan sosial masyarakat.

(Echa Mayanti dan Jenaika Eka Putri)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.