Breaking News
recent

4 Tips Menjaga Fokus saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Doc. Echa Mayanti
Zawiyah News | Langsa - Jangan Jadikan puasa ramadhan sebagai alasan kehilangan fokus saat kamu lagi beraktivitas seperti belajar, kerja dan hal-hal lainnya.

Puasa harus tetap dilaksanakan dengan penuh semangat di tengah aktivitas kita, karena puasa  adalah kewajiban bagi setiap muslim.

Kebutuhan akan asupan nutrisi saat puasa yang berkurang  dapat berperan besar dalam menurunkan produktivitas. Tapi hal tersebut bisa saja disiasati apabila kamu mengetahui cara menjaga fokus saat puasa .

Baca juga : Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan saat Puasa

Biasanya rasa haus dan lapar menjadi penghalau fokus saat kita melakukan aktivitas seperti belajar ataupun bekerja, namun perkara tersebut dapat dihindari dengan mengatur kebiasaan kita di bulan suci ramadhan ini.

Nah Berikut ini adalah beberapa tips menjaga fokus saat kita melakukan aktivitas seperti kerja dan belajar ketika berpuasa di bulan Ramadan.

1. Niat

Niat itu tidak hanya pelafalan doa saja, namun Ketika berpuasa, kita juga perlu meyakinkan diri bahwasannya puasa bukan menjadi penghalang untuk tetap beraktivitas.

Pikiran yang positif dapat membantu tubuh untuk tetap semangat ketika beraktivitas seharian lamanya.

2. Mengatur jam tidur

Karena  Standar jam tidur malam pada manusia adalah 7-8 jam tetapi hal tersebut tergantung dengan masing-masing orang. Dan Selama bulan Ramadan ini sebisa mungkin tidur malam kamu tercukupi.

apabila kamu kurang tidur maka dapat mengganggu proses penyimpanan informasi. Terganggunya proses penyimpanan informasi ini akan membuat kamu menjadi lebih sulit dalam mengingat dan mempelajari sesuatu yang baru.

Baca juga : 8 Jenis Buah-buahan yang Baik saat Sahur

Cara mengatasinya adalah usahakan tidur lebih awal sehingga saat beraktivitas di siang hari tidak mengantuk dan lemas.

3. Perbanyak minum air putih

Tips ketiga ini sangat membantu kamu untuk mengurangi dehidrasi pada  siang hari, karena dehidrasi sangat berpengaruh pada kemampuan fokus saat beraktivitas 

Melansir Healthline dalam Narasi, dehidrasi ringan dapat menurunkan memori dan kinerja otak, meningkatkan kecemasan, hingga merusak suasana hati. 

Oleh karena itu  sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan air putih saat berbuka dan sahur.

4. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Selain minum air putih yang cukup, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengkonsumsi makanan bergizi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

saat menahan lapar maka akan merasakan sakit kepala, kelelahan, dan penurunan fungsi otak atau tidak fokus.

Baca juga : 7 Buah-buahan yang Baik untuk Berbuka

Oleh karena itu hindari makanan junk food seperti gorengan atau makanan instan saat sahur atau berbuka.

Oleh : Echa Mayanti

Editor : M. Iqbal

Sumber : https://narasi.tv/read/narasi-daily/tips-bekerja-saat-puasa-agar-tetap-fokus-dan-produktif

https://www.liputan6.com/islami/read/4235147/5-cara-menjaga-konsentrasi-saat-puasa-tetap-fokus

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.